harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
bolsel
syarikatislam

Olly Lebih Unggul Satu langkah dari pada Vicky Cs

Pengamat : PDIP Punya 2 Keuntungan 

Harimanado.com-Manado – Di atas kertas kekuatan Olly Dondokambey di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020 mendatang bisa dikata belum tertandingi. Hal ini menyusul hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) dimana di bawah komando OD sapaan akrabnya PDI Perjuangan nyaris menyapu bersih kursi baik ditingkatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi hingga Kabupaten/Kota.

Publik politik menilai Bendahara Umum DPP PDIP itu masih terlalu perkasa pada perhelatan pesta demokrasi lima tahunan ini. Namun, tak sedikit yang menuturkan, hasil Pileg belum tentu berbanding lurus dengan Pilkada.

Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka mengatakan, PDIP punya 2 keuntungan. Yaitu memiliki Olly Dondokambey (OD) sebagai figur kuat serta memiliki mesin politik parpol yang relatif lebih solid dibandingkan partai politik lain.

“Namun nampaknya PDIP harus memperhatikan saingannya dari Partai Nasdem yang memiliki kekuatan seperti sejumlah figur kuat untuk papan 1 atau calon gubernur seperti Benny Mamoto, Felly E Runtuwene, Max J Lomban, GSVL dan juga Elly E Lasut,” kata Direktur Tumbelaka Institute itu, tadi malam.

Selain itu, diutarakan, Nasdem juga relatif memiliki kader yang menguasai beberapa kabupaten/ kota sebagai kepala daerah.

“Demikian pula Partai Golkar memiliki figur menarik untuk ‘dijual’ seperti Tetty Paruntu dan Jimmy Rimba Rogi,” tuturnya.

Atas dasar tersebut, Tumbelaka menilai, jika nantinya PDIP akan mengusung kader internal, harus mewaspadai kekuatan Nasdem yang mempunyai sejumlah ‘stok’ calon wakil gubernur yang menjanjikan dari wilayah Bolmong seperti Tatong Bara.

“Sedangkan Partai Golkar mempunyai 2 figur cukup kuat sebagai vote getter atau penarik suara di wilayah Nusa Utara seperti Yabes Gaghana dan Winsulangi Salindeho dan juga di wilayah Manado, Tomohon plus Minsel bisa menjadi kekuatan Partai Golkar,” sebutnya.
Ditambahkan, nantinya juga akan ditunggu apakah Nasdem dan Golkar akan membuka pintu koalisi dengan kekuatan lain seperti PAN dan lain-lain.

Related Posts
jrbm

“Kedepan akan dilihat seberapa maksimal PDIP dapat memanfaatkan kelebihan figur OD dan kekuatan mesin parpol,” kunci Tumbelaka.

Sementara itu, belum lama ini Ketua Bapilu PDIP Lucky Senduk menegaskan, sejak awal PDIP sudah menyatakan pada Pilgub nanti hanya ada nama Olly Dondokambey dan Steven Kandow (OD-SK) yang diusung. ”Ini sudah sangat jelas hanya OD-SK saja,” ujar Senduk.

Ditegaskannya, keputusan partai mengusung OD-SK karena melihat duet maut yang diusung PDIP berhasil dalam membawa daerah nyiur melambai ini semakin baik. Mulai dari roda pembangunan sampai tingkat kesejahteraan rakyat.

Apalagi pada pemilu ini lanjut Senduk, PDIP berhasil meraih suara terbanyak untuk Pilpres. Kemudian dalam perolehan kursi juga PDIP menang. ”Jadi ada kajian matang bukan tidak,” ujarnya.

Soal adanya bargaining politik, Senduk menyatakan itu akan dilihat nanti. Yang pasti peta politik saat ini PDIP berusaha dengan sebaik mungkin dengan partai lain dalam melakukan koalisi.

Terpisah, Juru Bicara Partai Golkar Sulut Feriando Lamaluta menuturkan, saat ini pihaknya terus bangun konsolidasi politik di internal partai Golkar, maupun komunikasi politik dengan sejumlah partai dalam helatan Pilgub 2020 mendatang.

“Ya saat ini kita masih banguan konsulidasi di internal Partai, misalkan Ibu Ketua Tetty Paruntu mendapatkan dukungan dari masyarakat dan tentu para pengurus DPD II Kabupaten/Kota juga memberikan dukungan berarti suda final Ibu ketua bakal diusung,” kata Lamaluta, Senin kemarin.

Menurutnya, untuk tahapan Pilgub sendiri waktunya masih lama, karena masih beberapa bulan lagi ke depan.

Editor : Fajri Syamsudin
Peliput : Suratman Abdullah, Vivi Sondang

Leave A Reply

Your email address will not be published.