harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
bolsel
syarikatislam

Ini Kriteria Calon Pimpinan DPRD se Sulut Versi PDIP

 

 

Related Posts
jrbm
Berty Kapojos (Kanan) dalam acara DPD PDIP, Kamis (1/8/2019).

Harimanado.com, MANADO –Jelang pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota se Sulut, PDI Perjuangan mengumpulkan seluruh Dewan Pengurus Cabang (DPC) di 15 daerah. Rapat yang dipimpin langsung Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey. Terinformasi salah satu point yang dibahas terkait komposisi pimpinan DPRD, dimana partai berlambang banteng moncong putih itu keluar sebagai jawara. Diketahui PDIP memborong Ketua DPRD di 11 Kabupaten/Kota dan 4 diantaranya sebagai Wakil Ketua.
Wakil Ketua DPD PDIP Sulut Berty Kapojos saat dikonfirmasi usai rapat mengatakan, seluruh DPC dan DPD dikumpulkan untuk membahas segala persiapan jelang pelantikan DPRD Kabupaten/Kota dan Provinsi nanti. Kata dia, salah satu yang menjadi pokok pembahasan, yakni soal posisi pimpinan DPRD dimana PDIP menang dan berhak menjadi nakhoda. Masing-masing DPC menyodorkan sejumlah nama yang nantinya itu akan disodorkan ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan nanti akan diputuskan siapa yang berhak.
“Masing-masing DPC mengusulkan nama-nama. Dan tadi (kemarin, red) sebagian besar dari mereka hanya memasukan satu nama. Namun, ada beberapa DPC yang menyodorkan sampai dua nama. Daftar itu nanti oleh DPD Provinsi akan dibawa dan dimasukkan ke DPP, selanjutnya itu menjadi kewenangan DPP dengan berbagai pertimbangan yang tentunya berdasarkan peraturan partai,” terang politisi yang terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi itu.
Sementara itu, Bendahara DPC PDI Perjuangan Minahasa Glady Kandouw saat dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya telah memasukkan usulan ke pengurus DPD. “Nama-nama itu akan dikirim ke DPP. Ini semacam usulan kami ke DPD kemudian diteruskan ke DPP. Nanti DPP yang putuskan siapa yang akan duduk ketua dewan,” ujarnya.
Diterangkannya, nanti dalam Kongres akan putuskan siapa yang menjadi ketua dewan. “Namun, tentu ada berbagai kriteria poin-poin penilaian dari DPP untuk menjadi ketua dewan. Misalnya seberapa jauh pengabdian untuk partai, track record, perolehan suara saat pileg lalu dan juga lainnya. Itu sudah dicatat oleh DPP,” tuturnya.
Namun, siapa nama-nama yang diusulkan, dirinya masih enggan memberitahukan.(tr13/fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.