harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
bolsel
syarikatislam

BRI Dorong Pengembangan UMKM Sulut

DUKUNG UMKM : Wakil Pemimpin Wilayah BRI Manado Wibowo Setiawan (baris belakang kemeja putih), Direktur BRI Microfinance Center (BMC) Agus Rachmadi (baris belakang kemeja kotak), berfoto bersama dengan para pelaku UMKM dari Mitra Binaan/Nasabah Pinjaman Kemitraan BRI, yakni BRI Cabang Manado, Boulevard, Tondano dan Bitung

MANADO — PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), melalui Divisi Bisnis Kecil dan Kemitraan, memberikan pelataran kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Sulawesi Utara (Sulut). Pelataran UMKM ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan, mentoring serta pendampingan mitra binaan BRI kepada kurang lebih 50-an peserta di Best Western Lagoon Hotel Manado, Rabu (18/9) kemarin.

Related Posts
jrbm

Menurut Direktur BRI Microfinance Center (BMC) Agus Rachmadi, kegiatan ini akan digelar selama dua hari berturut-turut, hingga Kamis (19/9). Adapun program pelataran sendiri merupakan program rutin dari pusat BRI yang sudah digelar di Kota Malang sebelumnya.
“Jadi kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada semua pelaku usaha ini untuk naik kelas. Yang artinya, semakin dia mau naik kelas, UMKM ini belajar mengembangkan dirinya,” ucap Rachmadi saat diwawancarai media ini.
Diketahui, per Agustus 2019 ini, BRI sudah menyalurkan pinjaman kemitraan sebesar 181 Miliar dengan jumlah 2.946 mitra binaan.
“Jadi, pinjaman kemitraan ini mempunyai syarat yang mudah disesuaikan dengan karakter pengusaha pemula/ start up. Mitra binaan BRI terus berkembang. Yang tadinya menggunakan dana kemitraan, naik ke KUR, hingga ke kredit komersial,” sebutnya.
Sementara itu, Pemimpin Wilayah BRI Manado Agung Sulistijo, melalui Wapinwil Bidang Operasional Wibowo Setiawan menyampaikan, kegiatan ini pun dilakukan untuk meningkatkan kapasitas mitra binaan pinjaman kemitraan. “Untuk itulah tujuan kita melakukan kegiatan pelatihan, mentoring dan pendampingan adalah untuk meningkatkan produktifitas mitra binaan yang ada di BRI,” kata Wibowo saat membuka kegiatan tersebut.
Selain itu, dikatakannya giat ini juga bisa menjadikan mitra binaan pinjaman kemitraan menjadi embrio nasabah komersial BRI. “Semoga saja, mitra binaan yang ikut giat dua hari ini bisa mendapatkan motivasi untuk melakukan usaha kedepan,” harapnya.

Sedangkan materi yang dibawakan berupa motivasi kewirausahaan, membangun strategi bisnis, pembuatan branding, pembuatan packaging, pemasaran digital, literasi keuangan, administrasi pengelolaan keuangan, BRI inkubator dan pengenalan rkb. (cen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.