harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
bolsel
syarikatislam

Peta Politik Dinamis, Sewaktu-waktu Bisa Berubah

Harimanado.com, MANADO – Berbagai manuver terus dilakukan para kandidat calon kepada daerah dan partai politik (parpol) untuk hadapi Pilkada 9 Desember mendatang.

Untuk Pilgub, sampai saat ini baru PDIP yang menyatakan pasangan calon. Parpol lain masih sebatas keluarkan rekomendasi dan belum ada keputusan resmi. Seperti halnya Partai Gerindra yang telah memberi rekom dukung Olly Dondokambey-Steven Kandouw. Sekretaris DPD Gerindra Sulut Melky Suawa mengatakan bahwa peta politik itu sangat dinamis.

“Sewaktu-waktu ada perubahan. Jadi, jangan terlalu tergesa-gesa untuk klaim. Ini komunikasi politik masih sangat cair. Jadi apapun bisa terjadi. Karena masing-masing partai punya penilaian sendiri,” kata Melky, kemarin.

Menurut dia, biasanya kalau parpol berkoalisi itu, ada titik temu antara sesama parpol, kemudian antara parpol dan kandidat.

Related Posts
jrbm

“Harus nyambung. Itulah seninya. Jangan kemudian kedepankan siapa dapat apa. Yang utama itu masyarakat dapat apa. Jangan juga di situasi seperti ini berpikir pribadi dapat apa, partai dapat apa. Masyarakat sekarang lagi susah,” terangnya. Harusnya, lanjut dia, lebih kedepankan apa yang akan dibuat untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat.

“Masing-masing partai punya mekanisme yang ujungnya resmi akan keluarkan surat keputusan. Sama dengan partai lain. Para kandidat intinya bertarung ide bagaimana bangun daerah, masyarakat bisa nikmati pembangunan, anak-anak bisa sekolah. Karena Alamanat undang-undang itu mencerdaskan kehidupan bangsa,” terangnya.

Ditambahkan Suawa, intinya pilkada itu, dan apa lagi masih ada 2 bulan daftar di KPU, maka kesempatan bagi partai untuk melihat dan evaluasi.

“Karena terkadang terlalu memikirkan bagaimana jadi kepada daerah ketimbang bagaimana membangun daerah,” sindirnya. (An1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.