harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
PLN
how to make a woman squirt.like it https://www.weneedporn.online
like itjav the thai massage.
nude milfs

Dukung KEK Likupang, Ini Salah Satu Konstribusi Nyata PLN

Harimanado.com, MANADO – Komitmen peduli lingkungan tetap melekat terhadap PT PLN. Buktinya, Jumat pekan kemarin, PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo bersama Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Utara melaksanakan penanaman bibit mangrove.

Kegiatan bertempat di Desa Kalinaun Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Tujuannya untuk Restorasi Ekosistem Hutan Mangrove, dalam upaya mendukung KEK Likupang sebagai destinasi wisata super prioritas Presiden Jokowi.

Mewakil Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Praseno Hadi MM Ak mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sulut sangat mengapresiasi PLN melalui program CSR pelestarian kawasan hutan mangrove. Hal ini sebagai salah satu tindakan nyata bersama untuk berdamai dan melestarian alam sekitar.

“Mungkin untuk sekarang sedang berusaha melestarikan alam seperti penanaman bibit mangrove. Tentunya ini belum bisa merasakan manfaatnya dalam waktu dekat, namun akan sangat terasa bagi anak dan cucu kelak,” tutur Praseno.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara Ir Marly Gumalag MSi menyampaikan terima kasih juga kepada pihak PLN, yang sudah mengambil bagian dalam kegiatan pelestarian alam. Menurutnya, hal ini merupakan sebuah langkah nyata untuk menyelamatkan alam sekitar.

Related Posts
dlm artikel

“Apresiasi kepada PLN yang sudah membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan kegiatan ini. Kedepan bukan hanya berhenti pada tahap penanaman saja, namum semoga bisa berlanjut pada tahap pemeliharaan dan monitoring untuk bibit yang telah ditanam sehingga manfaat dari mangrove ini dapat dirasakan kita bersama” harap Marly.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo Leo Basuki mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan salah satu bentuk partisipasi aktif PLN dalam program pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan. Pihaknya menyadari keberadaan mangrove sangat penting bagi pengendalian ekosistem terlebih khusus yang ada disekitar pesisir pantai.

“PLN sangat concern terhadap keberadaan mengrove ini. Dan kedepan semoga hubungan harmonis antara PLN, para stakeholder, dan masyarakat terus terjalin untuk mewujudkan lingkungan lestari agar tercapai kesadaran atas tanggung jawab dalam menjaga bumi demi keberlangsungan hidup generasi mendatang,” sambut Leo.

Senior Manager SDM & General Affairs Galih Chrissetyo yang menangani fungsi CSR menambahkan bahwa program PLN Peduli ini komit pada pembangunan CSR dengan fokus Sustainable Development, Goals (SDGs) dimana harapannya setiap program CSR yang di canangkan PLN bisa menyasar pada 17 program SDGs yang salah satunya yaitu terkait pelestarian ekosistem kelautan dan peningkatan perekonomian masyarakat untuk mendukung pembangunan daerah.

“Ekosistem mangrove memiliki manfaat ekonomis, ekologis, dan ekosistem. Namun belum banyak pengetahuan tentang potensi mangrove sebagai sumber pangan yaitu buah dari mangrove nya dapat dimanfaatkan untuk dimakan, terutama jenis Bruguiera gymnorrhiza yang buahnya dapat diolah menjadi kue ataupun adonan, ternyata saya pun baru mengetahui dari kawan-kawan Penggiat Mangrove Sulut, Kedepannya bukan hanya pengembangan kawasan mangrove saja, namun PLN akan melihat potensi apa yang dapat digali untuk pengembangan pariwisata di KEK Likupang seperti potensi perahu listrik untuk wisata kawasan hutan eko wisata mangrove, tabung listrik (TALIS) untuk budi daya keramba, serta cold storage untuk menampung hasil laut nelayan,” tambah Galih.

Adapun total bantuan program penyediaan 10.000 bibit mangrove ini sejumlah Rp. 150.000.000. Sesudah penyerahan ceremonial bantuan tersebut, dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove yang diadakan tidak jauh dari lokasi acara. Pada kesempatan itu, baik dari pihak PLN, Pemerintah Daerah, Perwakilan LSM, aktivis, penggiat lingkungan hidup, serta masyarakat yang hadir, turut mengambil bagian dalam penanaman bibit mangrove. (but*)

jrbm

Leave A Reply

Your email address will not be published.