Calon Kepala Daerah Wajib Taati Pakta Integritas

0
Foto: Salman Saelangi

Harimanado.com MANADO – Tiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulut telah menandatangani pakta integritas.

Dengan demikian, komitmen tersebut wajib dijalankan paslon.

Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi mengatakan, pemaknaan dari pakta integritas penerapan protokol kesehatan pencegahan covid dalam pilkada ini adalah bagaimana kemudian dari setiap tahapan pilkada harus menjalankan protab tersebut.

“Kita memasuki tahapan kampanye. Tahapan ini juga menjadi pembicaraan publik. Sehingga KPU mendapat masukkan, kritikan terhadap bagaimana nantinya pelaksanaan kampanye itu,” ujarnya.

Atas dasar ini maka pihak KPU bersama Bawaslu, Polda, Kejati, Pangdam, Satgas Covid berkoordinasi 2 pekan sebelumnya dan kemudian memikirkan bagaimana penerapannya ketika kampanye dilaksanakan.

“Tentunya seperti adanya inisiatif pendukung/massa datang sendiri dalam kampanye, siapa yang akan bertanggung jawab terhadap massa yang sifatnya spontanitas tersebut atau iring-iringan massa.

Nah, lahirnya pakta integritas yang ditandatangani paslon, mudah-mudahan bisa diterapkan sampai pada akhir tahapan proses pilkada 2020,” terangnya. “Agar juga kita bisa menjaga pilkada ini mejadi sehat dan damai,” sambung Salman.

Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra Simajuntak, pasca ditandatangani pakta integritas tersebut, maka baiknya itu dilaksanakan.

“Mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan bersama, mentaati sebagai sebuah integritas bagi semua paslon yang sekaligus memberikan pendidikan kepada seluruh pendukungnya untuk sama-sama mentaati bagaimana menjalani pemilihan kepala daerah di tengah pandemi,” harapnya.

Pakta integritas itu, kata Kapolda, merupakan akumulasi dari PKPU.

Di dalam pakta integritas juga sudah dijelaskan bagaimana melaksanakan penegakkan dan menertibkan pelaksanaan tahapan yang memperhatikan protab kesehatan.

“Kita semua punya tanggung jawab mensukseskan dan mengutamakan kesehatan di Pilkada 2020.

Selain itu juga, di dalam pakta integritas, ada maklumat Kapolri yang intinya terkait penerapan protab kesehatan di semua tahapan,” pungkasnya. (An1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here