Bawaslu Bitung Warning Paslon Terkait Kampanye, Rumambi: Jadilah Pemimpin Yang Amanah dan Teladan Bagi Masyarakat

0
Sammy Rumambi

Harimanado.com BITUNG–Mengawali masa kampanye Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bitung memberikan warning dan mengingatkan para paslon agar menaati secara sungguh-sunguh regulasi/aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan KPU melalui undang-undang dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), juga berbagai kesepakatan yang telah dibuat bersama guna pelaksanaan kampanye yang lancar, aman dan bermartabat.

Komisioner Bawaslu Bitung Kordinator Divisi Pengawasan, Sammy Rumambi, mengatakan beberapa hal yang wajib dipatuhi oleh Paslon ketika melaksanakan kampanye adalah adanya Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari Kepolisian tentang pelaksanaan kampanye, memperhatikan batas jam kampanye yang tertuang dalam STTP, menaati jumlah masimal peserta kampanye sebanya 50 orang, dan wajib mengadakan dan melaksanakan ptotokol kesehatan pencegahan Covid-19 antara lain mengadakan sarana cuci tangan/handsanitizer, memakai masker dan menjaga jarak.

“Kami juga menghimbau agar para paslon dalam berkampanye selalu santun dan membawa suasana sejuk walau di tengah persaingan politik.

Apalagi bila berkampanye atau menyampaikan berbagai hal melalui media sosial (medsos). Janganlah menyampaikan ujaran kebencian/black campaign, dan juga disisipkan himbauan kepada para pendukungnya untuk terus melaksanakan protokol pecegahan Covid-19,” ujar Rumambi.

Menanggapi banyaknya alat peraga kampanye (APK) berupa baliho paslon yang bukan di buat oleh KPU Bitung masih terpasang di jalan-jalan protokol/utama Kota Bitung, Rumambi mengatakan pihaknya telah melayangkan surat himbauan kepada seluruh Paslon agar segera menurunkan/menertibkan baliho-baliho tersebut.

“Hal tersebut sesuai kesepakatan yang dibuat bersama bahwa hanya baliho yang difasilitasi oleh KPU Bitung yang dipasang di jalan protokol, sedangkan baliho yang dibuat sendiri oleh paslon hanya boleh dipasang di halaman-halaman rumah/sekretariat dengan catatan harus ada ijin dari pemiliknya” ungkap mantan Komisioner KPU Bitung periode yang lalu ini.

Rumambi menambahkan para paslon harus memberikan contoh yang baik untuk taat pada regulasi. “Mau jadi apa para calon pemimpin kita kalau untuk hal-hal seperti ini lalai atau tidak taat pada aturan yang disepakati/ditetapkan.

Jadilah pemimpin yang memberikan teladan kepada masyarakat. Pemimpin yang amanah, pemimpin yang menghormati kaidah yang ada,” tegas Rumambi.

Terpisah, humas KPU Bitung, Komisioner Idhli Ramadhiani Fithriah mengatakan bahwa untuk APK bagi setiap Paslon, KPU Bitung telah menyediakan baliho 5 set per paslon,
Spanduk 2 buah per paslon di setiap kelurahan dan Umbul-umbul 20 buah per paslon per kecamatan. (gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here