SB-RG, Bangun Boltim Bukan Andalkan APBD

0
Calon Bupati Boltim 2020-2025 Suhendro Boroma di tengah warga.(foto:juan)

Harimanado.com.BOLTIM —  Warga Moyongkota, Modayag Barat kagum dengan program Pasangan calon Bupati dan Wakli Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tahun 2020 Suhendro Boroma (SB) dan Rusdi Gumalangit (RG).

Terpantau Harian Manado, pada kampanye di Moyongkota, Suhendro Boroma ditemani oleh istrinya Lily Djenaan serta Ketua PKS Rita Lamusu.

Dikatakan Suhendro Boroma, untuk itu pihaknya dan Rusdi Gumalangit atau papa Keken ada beberapa program untuk dijalan di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) ini.

Sebab, kurang lebih usiannya memasuki 12 tahun, tentu sudah berproses, melakukan pembangunan. Kata dia, akan tetapi sekali lagi pihaknya menegaskan, kemajuan yang ada di Boltim ini, kita tingkatkan tidak hanya meningkatkan biasa saja, tetapi kita upayakan untuk peningkatan secara berlipat.

“Nah, dari mana kita tingkatkan berlipat itu. Oleh karena itu selama 10 tahun Boltim ini anggaran yang digunakan untuk pembangunan ini, mayoritas itu berjumlah dari anggaran APBD atau anggaran pemerintah yang kurang lebih Rp 600 miliar,” kata Papa Aji sapaan akrabnya.

Lanjut Presidum Kahmi Sulut ini, untuk membuat pembangunan untuk meningkat itu, tidak bisa hanya mengandalkan anggaran itu dari pemerintah.

Sebab, anggaran pemerintah yang bertambah setiap tahun hanya 10 persen atau mungkin 15 persen sehingga manfaatnya kepada masyarakat sangat kurang tertasi.

“Karena itu, pertumbuhan ekonomi kita mungkin hanya 6 persen sulit mencapai misalnya hanya 10 persen. Nah, saya dengan berbagai pengalaman, dan jaringan yang saya miliki Insya Allah Boltim ini selama 5 tahun depan, tidak hanya mengandalkan APBD, tetapi juga mengandalkan dana dari Dunia swata yang kia tarik di Boltim,” ungkapnya.

Sehingga anggaran atau uang yang disediakan di Boltim tidak hanya miliaran dalam 1 tahun, tetapi bisa Rp 700 miliar dan seterusnya. Untuk itu, itu pekerjaan yang kita lakukan, dan pihaknya, menyatakan disini.

“Bahwa saya ingin menjadi Bupati tidak hanya ingin menjadi Bupati APBD. Sebab kalau hanya sekedar jadi Bupati APBD itu sebetulnya sudah ditata dalam anggaran. Untuk itu, Insya Allah kalau diridoi oleh Allah dijadikan Bupati, tentu tidak hanya menjadi Bupati APBD, yang saya inginkan menjadi Bupati, melipat gandakan atau melipat anggaran yang bisa kita digunakan untuk mengenjot, peningkatan infrastruktur yang ada di Boltim,”katanya

Ditambahkannya, berbagai kebutuhan, termasuk jalan dan jembatan. Sehingga Boltim ini, bisa lebih meningkat, dan masyarakat lebih baik kedepanya serta Daerah Boltim ini, dari Kokapoy dan Jiko Belanga atau Moyongkota sampai di Buyat, tentu di karunia oleh Allah SWT termasuk dengan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang relatif, dari segi tanahnya yang sangat subur, termasuk di laut juga ada tentu kita harus kelola bersama sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Untuk itu, jangan hanya dinikmati segelintir orang saja, untuk itu, kita harus gunakan intelektual kita untuk mengelolah agar SDA bisa dinikmati masyarakat Boltim sehingga kedepannya lebih baik dan meningkat,” tandasnya (jux)

 

3 FOTO Caption : PENYAMPAIAN : Tampak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here