Bawaslu Siaga, Bansos Pemerintah Rawan Disalahgunakan

0
Awaluddin Umbola

Harimanado.com MANADO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut terus pelototi bantuan sosial (bansos) yang diberikan oleh pemerintah.

Pasalnya, jelang Pilkada 9 Desember, Bawaslu akan mengantisipasi penyalahgunaan bansos tersebut. Apa lagi di pilkada Sulut dan beberapa daerah terdapat incumbent.

Pimpinan Bawaslu Sulut Awaluddin Umbola mengatakan, hal tersebut sudah sejak lama dilakukan imbauan oleh Bawaslu kepada seluruh pemerintah daerah di Sulut.

“Bansos yang bersumber dari pemerintah memang sangat rawan disalahgunakan,” ucapnya. Dijelaskannya, itu bisa terancam pidana.

Apa lagi sangat jelas dalam pasal 71 Undang-undang pilkada yang intinya penyalahgunaan berupa bantuan dananya berasal dari negara.

“Untuk mengantisipasi hal itu kami telah memerintahkan jajaran sampai ke tingkat Kelurahan/Desa untuk melakukan pengawasan di lapangan dan tetap waspada dan mencek secara detail setiap penyerahan bantuan oleh tim atau paslon.

Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Sangat banyak bantuan yang diserahkan kepada masyarakat yang perlu diproteksi sumbernya dari mana,” tandas mantan Ketua KPU Boltim itu. (fjr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here