Jatah PDIP, BMR 03 Sulut, Yusra : Wajar Demi Menjaga Keseimbangan

0
Yusra Alhabsyi
Harimanado.com MANADO–Terendus kabar pasangan calon yang diusung PDIP dan sejumlah Partai yakni Olly Dondokambey-Steven Kandouw telah mempersiapkan paket Sekretaris Provinsi (Sekprov) dari BMR. Bahkan, duet incumbent itu telah menyiapkan sejak lalu jatah posisi orang nomor tiga di teras di pemerintahan Provinsi itu. Pasalnya, belum lama pengangkatan Ketua DPRD Sulut Fransiscus Silangen sebagai representatif Nusa Utara dijajaran pimpinan daerah.
“Iya saat ini sedang ramai dibahas di internal tim pemenangan Olly-Steven dimana untuk posisi Sekprov telah dipersiapkan keterwakilan BMR. Dan semoga ini akan disetujui dan akan direalisasikan Olly-Steven ketika terpilih nanti. Hal ini tentunya juga untuk menarik simpatik warga BMR kepada Olly-Steven di Pilkada 9 Desember mendatang,”beber sumber Tim Pemenangan yang enggan namanya ditulis, Senin kemarin.
Sementara itu, Legislator DPRD Sulut Yusra Alhabsyi mengatakan, hal ini tentunya adalah wajar. Kata dia, sudah semestinya BMR diberikan kesempatan untuk menempati posisi Sekprov. Memang diketahui ini akan melalui seleksi. Namun, dirinya meyakini bahwa kader-kader BMR yang banyak yang telah memiliki kualifikasi dan tidak kalah dengan kader birokrat dari daerah lain. Menurutnya, hal ini menjadi harapan dia bersama warga BMR.
“Apalagi hal ini demi memenuhi keseimbangan posisi di kubu Olly-Steven. Semua wilayah kan telah mendapatkan kesempatan. Dan saya fikir ketika Olly-Steven terpilih BMR memiliki peluang untuk menduduki jabatan Sekprov. Hal ini tentunya semata-mata untuk menjaga keseimbangan wilayah dan multi etnis yang ada di Sulut,”ujar politisi PKB itu, tadi malam.
Salah satu Tim Kampanye Olly-Steven itu juga sangat menegaskan bahwa hal itu sangat wajar. Jika itu terjadi maka Olly-Steven betul-betul mengedepankan keberagaman sampai diurusan pemerintahan. “Saya sendiri selaku partai pendukung Olly-Steven dan Tim Pemenangan akan memperjuangkan hal ini. Dan ini sudah menjadi pembicaraan yang hangat di Tim ODSK,”tandas politisi yang dikenal vokal itu.
Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Sam Ratulangi Ferry Liando mengatakan, jabatan Sekprov adalah jabatan karier birokrasi. Jabatan itu membutuhkan klasifikasi khusus seperti kepangkatan dan sistim merit. Sehingga jabatan itu bukan diangkat atau dipilih berdasarkan representasi suku atau wilayah.
“Namun demikian siapa pun calon yang mampu menjanjikan jabatan itu untuk porsi representasi maka akan menjadi daya tarik bagi pemilih tertentu. Pengalaman pak Sarundajang di periode kedua. Ketika ia yakin menggandeng pak Kansil sebagai calon wakil Gubernur dan menjanjikan akan mengangkat pak Siswa Rahmat Mokodongan sebagai calon Sekprov maka pak Sarundajang dapat terpilih kembali dengan mudah,”terang Liando.(fjr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here