Mustarin : Pandemi, Kampanye Lewat Media Diperlukan

0
Mustarin Humagi

Harimanado.com MANADO–pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak terus berjalan. Meski di tengah pandemi. Para pasangan calon diikat dengan berbagai aturan penyelenggara pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam hal proses kampanye di masyarakat.

Pilkada sebelumnya pasangan calon bisa mengumpulkan massa sampai puluhan ribu disatu lokasi kampanye terbuka, kini berbeda.

Terkait itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) angkat bicara. Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Mustarin Humagi mengatakan, salah satu pencegahan agar orang tidak berkerumun, kampanye lewat media diperlukan.

Menurutnya, penyebaran virus ini di Sulut cukup signifikan sehingga pihaknya terus mengawasi tahapan kampanye yang saat ini sedang berlangsung.

Kata Mustarin, di Sulut ada Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Bupati di 7 Kabupaten/Kota, sehingga butuh pengawasan ketat, jadi pihaknya tidak hanya mengawasi kecurangan tetapi ikut mengawasi agar orang tidak berkerumun.

“Kami memberikan peran penuh bagi media untuk menyampaikan informasi tidak hanya soal pelanggaran, juga soal keselamatan dan kesehatan masyarakat,” ujarnya baru-baru ini.

Dia menambahkan, untuk kampanye, akan dilakukan melalui media massa dan media sosial.

“Untuk kampanye tatap muka, dibatasi hanya 50 orang tiap pertemuan dengan jarak dan menggunakan masker sesuai protocol kesehatan,”tandas mantan Panwaslu Bolmut itu. (fjr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here