Pjs Bupati Minut : Prioritas Bayar Siltap Perangkat Desa

0
Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey saat menyampaikan pidato.

Harimanado.com MINUT–Sejak bulan Juli lalu, sejumlah perangkat desa di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mengeluh terkait belum dibayarnya penghasilan tetap (Siltap) oleh pemerintah kabupaten, dimana yang baru dibayarkan enam bulan dari Januari-Juni.

Namun semenjak dipegang Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey SSTP MAP, 27 September dan didukung DPRD, Siltap perangkat desa sebagai prioritas untuk dicairkan. Terinformasi, Pemkab Minut dibawah komando Pjs Bupati Clay Dondokambey, sejak Jumat (2/10) lalu sudah mulai menyalurkan Siltap perangkat desa.

Setelah DPRD Minut mengetuk APBD Perubahan 2020, Pjs Bupati langsung memacu SKPD terkait untuk memproses pencairan Siltap perangkat di 125 desa tersebut.

“APBD Perubahan sudah disetujui menjadi Ranperda dalam rapat paripurna. Dimana Siltap perangkat desa menjadi salah satu yang diprioritaskan. Untuk itu saya langsung memacu Badan Keuangan untuk memproses penyaluran Siltap. Bagaimana perangkat desa bisa bekerja memberi pelayanan pada masyarakat kalau hak mereka tidak dibayarkan. Padahal ini situasi sulit dalam pandemi Covid-19,” tutur Dondokambey.

Pjs Bupati menambahkan sekarang Siltap sudah mulai dibayarkan ke perangkat desa. “Sudah ada beberapa desa yang dibayarkan, dan ini akan terus dipacu sehingga semua Siltap perangkat desa di Minut bisa dibayarkan,” terang Clay, kemarin.

Sementara itu, Kaban Keuangan Petrus D Macarau SE ketika dikonfirmasi mengungkapkan untuk Siltap sudah mulai dibayarkan sejak Jumat (2/10) lalu. “Siltap sudah sementara dibayarkan untuk bulan Juli. Bulan depan November akan dibayarkan Siltap untuk dua bulan yaitu Agustus dan September,” terang Macarau.(fjr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here