KPU Bitung Hadapi Tugas Berat Rekrut 4081 KPPS dan Linmas

0
RDK KPU Bitung terkait Petugas Linmas yang akan bertugas di TPS se Kota Bitung pada Pilkada 2020

Bitung, — Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kota Bitung menghadapi tugas berat dalam merekrut 2915 Kelompok Penyelenggara Penungutan Suara (KPPS) dan 1166 Tenaga Ketertiban/Linmas.

Hal ini terungkap dalam Rapat Dalam Kantor (RDK)/rapat koordinasi dalam rangka pembahasan Petugas Linmas yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung tahun 2020. Bertempat di Aula kantor KPU Bitung, Kamis (8/10/2020).

Hadir dalam RDK ini Komisioner KPU Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Idhli Rahmadiani Fitria, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Yunnoy S Rawung, Ketua Divisi Hukun Sarifudin Hasan, Badan Kesbangpol Kota Bitung dan jajaran sekretariat KPU Bitung.

Dalam kesempatan tersebut Idhli menyampaikan permintaan KPU kepada Pemerintah Kota Bitung yang diwakili oleh Kesbangpol untuk boleh mengkordinasikan perekrutan tenaga Linmas.

Menurut Idhli, untuk Pilkada tahun ini, perekrutan tenaga KPPS dan Linmas menjadi tugas yang berat, karena harus menghadapi prasyarat terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

2 syarat terkait Covid-19 diantara syarat lainnya adalah petugas harus berumur 20-50 tahun, dan harus lulus rapid tes (non reaktif). Ada juga syarat yang sangat penting yaitu tidak terafiliasi dengan paslon atau partai politik termasuk sebagai tim sukses.

Donald Manansal, Kabid Poldagri Kesbangpol Pemkot Bitung mengatakan perekrutan akan dilakukan secara berjenjang oleh pemerintah kelurahan ke tingkat lingkungan dan RT untuk mengusulkan nama-nama petugas linmas.

“Kami akan membawa hasil rapat ini ke Pjs Wali Kota Bitung, untuk meminta petunjuk dan arahan. Kami yakin, beliau akan segera memerintahkan aparat terkait (camat dan lurah) untuk merekomendasikan nama-nama petugas linmas” ujar Manansal.

Diketahui, tahapan perekrutan KPPS telah dimulai sejak 1 Oktober 2020 dan selesai sekira 23 November 2020, sedangkan proses perekrutan linmas segera akan dimulai dan berakhir di tanggal yang sama dengan KPPS. (Gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here