Sempat Dikira Pengangkut Sampah, JG Sapu Bersih Serakan Sampah di Ruas Jalan SBY

0
TURUN LANGSUNG : Calon Bupati Joune Ganda bersama sejumlah relawan saat mengangkut sampah di ruas jalan SBY.

MINUT–Bukan dibuat-buat atau ingin menggerus pencitraan di masyarakat. Gerakan yang lahir dari kesadaran sendiri ini bahkan membut sejumlah warga yang melewati jalan SBY tepatnya di Airmadidi Atas sempat terkejut melihat sosok yang menaiki truk pengangkut sampah itu, ternyata adalah sosok calon Bupati Minahasa Utara Joune Ganda.

Cabup yang memang memiliki kebiasaan hidup sehat dan bersih itu, ditemani sejumlah anak muda, rela turun bergotong royong mengangkat dan membersihkan sampah disejumlah titik di sepanjang jalan protokol SBY, Jumat (16/10) itu. JG sapaan akrabnya, itu bahkan menyediakan truk pengangkut yang langsung membawa sampah-sampah tersebut ke lokasi TPA.


“Saya melihat masalah sampah berserakan ini di Minut terus terjadi, seperti di jalan protokol dan saya langsung berinisiasi mengangkat sampah bersama dengan para kaum milenial,” ungkap Cabup Minut Joune Ganda SE.

Menurutnya, masalah sampah yang masih berserakan di Minut, ini sebenarnya tidak perlu terjadi. Dengan adanya sampah di beberapa titik di Minut, menandakan bahwa masalah sampah selama ini belum bisa diurus, oleh karena itu perlu harus cepat dituntaskan.

“Sudah beberapa tahun ini Minut tidak mendapatkan Adipura, makanya kami bertekad ke depan akan kembali membawa Piala Adipura ke Minut, sebagai bukti adanya kebersihan lingkungan,” jelas pemilik nomor urut 2 di kertas suara Pilkada Minut itu.

Lebih jauh dikatakannya, ke depan pihaknya akan membuat program konkrit untuk penanganan sampah dan ini telah dibuat yang nanti akan dilaunching. Dalam proses penanganan masalah sampah, akan diatur dimana tempat pembuangan sementara di setiap desa, dan ada armada khusus untuk mengangkut sampah tersebut.

“Prinsipnya ke depan kita akan tata agar pengomposan sampah di Minut dibuat secara modern, pastinya ini akan perhatian serius kami,”tandas Wakil Ketua DPD Bidang Ekonomi PDIP Sulut itu.

Aksi peduli kebersihan lingkungan yang dilakukan Joune Ganda inipun mendapat apresiasi sejumlah warga yang melintas di jalan tersebut. “Sedangkan baru calon bupati sudah berbuat dengan turun membersihkan lingkungan, apalagi ketika nanti kalau sampai jadi bupati. Calon yang seperti ini patut dicontoh dan selaku masyarakat mengapresiasi yang dilakukan Joune Ganda,” tutur Linda, warga Airmadidi.(fjr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here