Viral, Warga Boltim Dibujuk Beri Surat Dukungan, Diimingi Duit

0

Harimanado.com- Cara-cara memalukan mulai dilakukan para oknum pendukung pasangan calon (paslon) di Bolmong Timur (Boltim).

Segala cara dilakukan termasuk membujuk warga dengan iming-iming duit.

Fakta ini terungkap, ketika viral video di akun FB Sriyanti Soleman. Dengan jelas wanita disapa Tante Nelly membuka kedok oknum pendukung salah satu paslon melalui Live di media sosial (medsos).

Dia membeberkan telah didatangi salah satu tim paslon sekira 27 Oktober.

Bertepatan Sriyanti lagi kerja. Lantaran dibuai sejumlah uang, dia pun melayani.

 

Si oknum menyerahkan selembar data pernyataan dukungan tertulis nama paslon nomor.

Di kop surat tercantum foto paslon.

Sebagai imbalan, diiming-imingi akan diberikan uang.

Tapi setelah data diberikan dan surat pernyataan dukungan ditandatangani, uang yang dijanjikan tidak kunjung diberikan.

”Sampai sore ditunggu tidak ada kabar. Saya kecewa, merasa dirugikan. Karena data dan surat sudah dikasih. Saya juga sudah stop kerja,  lantaran dijanjikan duit. Siapa yang tidak suka duit?”tandasnya.

Warga itu berang karena merasa tertipu. Dia pun meluapkan kekesalannya dengan menyiarkan secara langsung.

 

“Dia bilang ngoni suka balipa? Kalo mo balipa mo dapa doi. Isi kata tu berkas kong tanda tangan. Kong dia somo bawa ka Nuangan mo kase pa Ali. (Dia bilang kalian suka pindah? Kalau mau pindah mau dapat uang. Isi itu berkas lalu tanda tangan. Lalu mau diantar ke Nuangan,” sebut warga itu dalam video siaran langsung sambil menunjukkan bukti surat pernyataan.

Penelusuran media ini, sudah banyak warga yang diminta oleh tim salah satu kandidat itu untuk menandatangani surat pernyataan.

Semuanya pun diiming-iming sejumlah uang. Namun tidak diberikan utuh. Umumnya diberikan panjar dan sisanya dilunasi setelah pencoblosan.

 

Ketua Bawaslu Boltim Harmoko Mando SHut ketika diminta tanggapan mengatakan, pihaknya sementara menelusuri kasus tersebut.

“Sementara ditelusuri kebenarannya. Dan jika itu benar kami akan memprosesnya ke proses penindakan pelanggaran sesuai dengan prosedur dan mekanisme Bawaslu,” ujarnya via WhatsApp. (mp/jux)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here