KPU Manado Gagas Aplikasi Dego-dego Pemilih, Ada Apa Komisioner?

0
Abdul Gafur Subaer

Harimanado.com- Setelah pengesahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Manado berjumlah 328.539 Pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado berinisiasi menciptakan aplikasi website Dego-dego Pemilih.

Aplikasi ini untuk menelusuri nama pemilih terdaftar atau belum terdaftar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, Selasa (03/11).

Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Abdul Gafur Subaer, menjelaskan bahwa aplikasi ini akan siap paling lambat 2 Minggu sebelum hari pencoblosan.

“Aplikasinya sudah jadi KPU sementara menunggu kelengkapan databasenya untuk diupload, supaya tidak gampang dibobol dan dimanipulasi,” ujarnya.

Berdasarkan sejarah, Pemilihan Umum (Pemilu) di Kota Manado tiap periode terdapat banyak Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPtb), jadi aplikasi ini mencegah atau bisa saja meminimalisir penumpukan hal tersebut.

Aplikasi tersebut sama persis dengan aplikasi yang digagas oleh KPU Republik Indonesia (RI) yaitu lindungihakpilihmu.kpu.go.id dengan fungsi yang sama.

Keduanya mempunyai fungsi dan kepentingan, yaitu kroscek terdaftar atau belumnya masyarakat dalam daftar pemilih.

“Akan tetapi, KPU Manado mempunyai inisiasi untuk membantu dan mencegah jikalau aplikasi nasional terdapat gangguan jaringan pada hari pencoblosan,” pungkas Subaer.

Lanjut Subaer terkait lokasi TPS pemilih, jika pada kedua aplikasi KPU lokal maupun nasional tidak terdaftar, Petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) setempat bisa memberikan hak pilih sebagai DPK dengan membawa Indentitas diri KTP, jika terdaftar namun di TPS lain maka Petugas TPS akan mengarahkan pada TPS dimana dirinya terdaftar.

KPU berharap, agar masyarakat peduli untuk mengecek diri apakah terdaftar atau tidak.

“Pro-aktif masyarakat kami sangat butuhkan untuk maksimalnya daftar pemilih di Kota Manado, bisa juga langsung memberi tanggapan di Media Sosial KPU Kota Manado dengan Jajarannya perihal kendala-kendala pada pesta demokrasi 9 Desember nanti,” pintanya.(tr21)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here