Menurut Lembaga Survey Lokal, AARS Memuncak Tinggalkan Mor-HJP dan PAHAM

0
Indonesian Observer Survey and Consulting merilis hasil surveynya untuk Pilkada Manado, Selasa (3/11) di salah satu hotel di Manado

Harimanado.com – Lembaga survey lokal yakni Indonesian Observer Survey and Consulting merilis hasil surveynya untuk Pilkada Manado.

Menurut peneliti, Andre Mongdong, pihaknya merekam dari masyarakat untuk elektabilitas di tingkat pertanyaan tertutup 4 paslon yakni Andre Angouw-Richard Sualang (AARS), Sonya S Kembuan-Syarifudin Saafa (SSK-Syarif), Mor Bastian-Hanny J Pajouw (Mor-HJP) dan Julyeta PA Runtuwene-Harley-Mangindaan (PAHAM).

“Puncak ditempati AARS diangka 38,5 persen, disusul Mor-HJP 25,9 persen, PAHAM 18,2 persen dan SSK-Syarif 6,3 persen,” kata Mongdong, Selasa (3/11) di Manado.

Menurutnya, ini merupakan trend di survey ketiga yakni bulan Oktober. Sebab survey pertama di Juli, Agustus kemudian Oktober.

“Trend ini diperoleh dari 3 kali survey dan AARS alami tren naik siknifikan. Di Juni 28,9 persen, Agustus naik 30,8 persen dan Oktober 38,5 persen. Ada kenaikan sekitar 7 persen,” paparnya.

Untuk Mor-HJP, kata dia, alami kenaikan, tapi sudah staknan di 25 persen. “Kenaikan ada tapi tipis,” ucapnya. .

Yang menarik, PAHAM terjadi perubahan mengagetkan. Tadinya, lanjut dia, sebelum berpasangan dengan Ai, JPAR dapat 12 persen. Saat dengan Ai, di Agustus naik jadi 20,5 persen.

“Oktober kembali alami penurunan diangka 2 persen yaitu capai 18,2 persen. Untuk SSK dan Syarif kita tak rekam tren karena mereka berpasangan di bulan yang belum lama ini. Sehingga angka mereka kita taru di 6,3 persen,” tuturnya. (An1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here