Survei Charta Olly-Steven Jawara di Manado

0
Olly-Steven

Harimanado.com MANADO–Charta Politika Indonesia menyelenggarakan survei preferensi politik masyarakat di Kota Manado menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Pengumpulan data dilakukan pada 12-17 Oktober 2020 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 600 responden yang tersebar di 11 kecamatan yang ada di Kota Manado. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ±4% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dalam survei ini, Charta Politika menemukan beberapa temuan menarik, yaitu:Pertama, pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw unggul di Kota Manado dengan tingkat keterpilihan (58.7%) cukup jauh berada di atas pesaingnya, pasangan Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (16.5%) dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene (13.7%). Sementara sebanyak (11.2%) responden menyatakan Tidak Tahu / Tidak Jawab (undecided voters).

Kedua, secara lebih terperinci, pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw terlihat unggul di kecamatan Bunaken, Malalayang, Manget, Sario, Tikala, Wanea dan Wenang. Sementara Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar terlihat mengimbangi di kecamatan Bunaken Kepulauan dan Singkil. Sedangkan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene mengimbangi Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar di kecamatan Paal Dua dan Tuminting.

Ketiga, Olly Dondokambey-Steven Kandouw unggul mendominasi pemilih laki-laki dan perempuan di Kota Manado. Sementara Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene cukup bersaing pada pemilih laki-laki dan perempuan.

Keempat, dari segi usia, pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw juga mengungguli Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene, dengan dukungan tertinggi dari pemilih usia 17-20 tahun dan pemilih usia 36-50 tahun.(tra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here