Bawaslu Kumpul Babuk Video TS Paslon Janjikan Duit, OPPO Bantah Bukan Mereka

0
Hariyanto

Harimanado.com- Video surat dukungan dengan imbalan uang ke salah satu paslon bupati Bolmong Timur (Boltim) masih menjadi buah bibir di Boltim.

Jelas jelas di Facebook,  video pengakuan seorang wanita dan video 25 surat yang sama yang viral.

Dalam surat dan suara pemilik akun, tertera nama yang diduga paslon SSM dan OPPO.

Pimpinan Bawaslu Boltim Hariyanto mengaku sudah ditelusuri.

Isi video indikasi menjanjikan memang sudah kelihatan. Akan tetapi, perbuatannya belum terjadi dan itu masuk kategori menjanjikan.

Ini menjadi pintu masuk Bawaslu yang ditemukan langsung atau yang dilaporkan masyarakat,

“Dalam rangka penanganan dugaan pilkada, apalagi tindak pidana pemilu. Kalapun, terkait dengan vidio yang beredar itu, Bawaslu masih melakukan penulusuran, kalaupun ada masyarakat melihat langsung silakan dilaporkan secara resmi ke Bawaslu,” Kata Hariyanto saat dikonfimasikan Harimanado.

Hariyanto menyarankan harus dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten. Nanti Sentra Gakkumdu yang akan memproses dugaan tindak pidana pemilihan.

Batas waku pelaporan setelah diketahui atau kejadian berlangsung sampai 7 hari batasan waktunya.

“Jika tidak dilaporkan selama 7 hari, itu sudah kadarluasa. Jadi, silahkan laporkan agar, mempunyai bukti-bukti Untuk Sentra Gakkumdu. Selain itu, kalau terbukti, misalnya kasus itu sudah dilaporkan kemudian terproses. Dan itu ada pasal yang terkait dengan pidana,”katanya.

Akan tetapi kalau ada praktik money politic, selain pidana ada efek adminstrasi. Yang mengarah mendisfikualifikasi calon kalau misalnya calon terbukti melakukan itu.

“Sanksi administrasi kalau menyangkut money politic, dan saya belum menyebutkan pasal-pasal sebab itu ranah kajian Gakkumdu,”bebernya.

Paslon yang disebut calon wakil bupati Oskar Manoppo membantah yang viral di FB.

Kata OPPO mereka tidak janjikan untuk memberikan uang.

”Kami pada prinsipnya tidak ada.”elaknya.

“Kalaupun, ada kejadian yang mana dilakukan, money politik sampai sekarang kronologisnya saya belum mengetahui,” jelasnya (jux)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here