ODSK-AARS Tertinggal di Manado Utara, Tim Kampanye Akui Itu Jadi Penyemangat Kerja Keras

0

Harimanado.com MANADO – Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulut Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK) meraih 58,7 persen suara di Kota Manado. Itu menurut hasil Lembaga survei nasional Charta Politika dengan rilis terbaru. Namun, di bagian Manado Utara, ODSK nampaknya kurang dukungan. Ternyata, itu linier sampai ke paslon wali dan wakil wali kota Manado Andre Angouw-Richard Sualang (AARS). “Hasil survei ODSK di Manado utara linier dengan AARS. Karena di Manado ini beda dengan di Bolsel, Minut yang calon dari PDIP tanpa ODSK, sudah pasti menang jauh. Sementara di Manado AARS bergantung ke ODSK,” beber sumber yang enggan menyebutkan namanya.

Sementara itu, berdasarkan data survei Charta Politika yang diterima harian ini dari 600 responden di 11 kecamatan di Manado, calon gubernur dan calon wagub Sulut ODSK meraih 58,7 persen suara.

Paslon Christiany E Paruntu-Sehan S Landjar (CEPSSL) 16,5 persen. Paslon Vonnie A Panambunan -Hendry Runtuwene 13.7 persen.Namun, ODSK tidak mutlak kuasai semua kecamatan. Paslon yang diusung PDIP, didukung PPP, Perindo, PSI, Gerindra terlihat unggul di 7 kecamatan. Mulai Bunaken, Malalayang, Mapanget, Sario, Tikala, Wanea dan Wenang.

OD keteteran di kantong Muslim di utara. Suaranya tenggelam dibanding CEP-SSL. Padahal penetrasi OD ke basis Muslim sangat gencar.CEP SSL mengimbangi di Bunaken Kepulauan dan Singkil. Sedangkan VAP-HR berimbang dengan CEPSSL di kecamatan Paal Dua dan Tuminting.

“Tapi ia unggul mendominasi pemilih laki-laki dan perempuan di Kota Manado. Sementara Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene cukup bersaing pada pemilih laki-laki dan perempuan.

Dari segi usia, pasangan ODSK mengungguli Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene, dengan dukungan tertinggi dari pemilih usia 17-20 tahun dan pemilih usia 36-50 tahun,”tandas sumber.

Menanggapi hal itu, Tim Kampanye AARS koordinator bidang penggalangan jaringan komunitas, Markho Tampi tak permasalahkan survey tersebut. “Yang pasti survey itu tak jadi acuan. Tapi minimal jadi penyemangat. Kalau survey di bawa, itu jadi penyemangat agar lebih kerja keras. Masih ada waktu. Kami optimis,” kata politisi dari wilayah utara Manado itu. Disisa waktu kurang lebih sebulan, menurut Wakil ketua DPC PDIP Bidang Kehormatan ini, paslonnya akan banyak turun langsung berhadapan dengan warga pemilih.

“Makanya sekarang strateginya paslon kita akan door to door ke rumah konstituen. Kemudian perkuat saksi. Sisa waktu kurang lebih satu bulan kami optimis ODSK dan AARS menang di wilayah utara Manado dan seluruhnya,” tegasnya. Selain itu juga, mesin partai akan dimaksimalkan. “Apa lagi kami baru selesai konsolidasi di internal. Di bulan terakhir akan fokus di konstituen. Turun langsung menyasar ke pemilih di 87 kelurahan, 504 lingkungan. Tiap hari target 2-3 kelurahan. Jadi kami tetap optimis,” tutupnya.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here