SSK Cerdas, ‘Diserang’ AA-MOR soal 10 Juta/KK dan Lansia 1 Juta, Begini Jawabannya

0
Harimanado.com-Debat publik jilid dua calon wali kota Manado tidak kalah seru. Lebih berkelas dibanding sebelumnya.
Untuk debat jilid 2, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado sengaja menampilkan empat dalon wali kota Manado, Selasa (17/11) sore.
Dari empat pasangan calon  (pasloin), calon nomor 2, Sonya Silvana Kembuan (SSK), tampil atraktif. Elegan dan sangat bersemangat.
Sejak penyampaian visi dan misi serta program, hingga jawab pertanyaan panelis, Sonya membeberkan fakta permasalahan kota. Data ekonomi dan solusi.
“Manado harus berubah. Untuk merubah maka harus lakukan pelayanan cepat hanya sehari. Berfikir inovatif. Harus out the box,” kata Sonya penuh semangat.
Hal lain, kata Sonya, untuk meningkatkan kesejahteraan adalah meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari hanya Rp493 miliar menjadi Rp1 triliun.
Menggenjot investasi melompat menjadi Rp 10 T di tahun pertama.
“Kita akan utamakan untuk genjot human capital sehingga Manado harus berubah,,” tutur Sonya yang mengenakan blus putih.
Sonya juga menjawab dengan tangkas, ketika calon Andrei Angouw menanyakan cara SSK mencari pundi pundi atas program bersama Syarifudin Saafa.
Kata Sonya ada dua program bantuan yang dibiayai bukan dari APBD.
“Kalau berharap dari PAD memang tidak mungkin. APBD kan tidak cukup. Makanya harus berfikir out of the box,” tandasnya.
Sonya memaparkan program Rp10 juta untuk 50.000 kepala keluarga yang berusaha. atau setara dengan Rp500 miliar. Sumbernya dari biaya keuntungan kegiatan proyek. Begitu juga program lanjut usia Rp 1 juta per bulan.
“Sumber pembiayaan dari pendapatan hotel, restoran dan tempat usaha sektor pariwisata. Yang perhari bisa mencapai Rp2,5 miliar. Atau sebulan bisa mencapai Rp75 miliar. Termasuk saat urus izin usaha, akan ditanyakan aliran dana CSR, BUMN dan swasta seperti Mantos,” katanya.
Sektor pariwisata juga harus dikelola. Para turis harus belanjakan uangnya. Spend of many harus besar. Bukan seperti turis China, bawa supermie dari negaranya,” katanya.
SSK juga dengan mudah menanggapi pertanyaan calon nomor 3, Mor D Bastian. Arah pertanyaan sama terkait program lansia dan Rp10 juta per KK.(adv)
.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here