Worang: IPM dan PE Manado Disuport Antar Kepala Daerah Kabupaten/Kota

0

MANADO–Seperti dilansir salah satu media bahwa IPM dan Pertumbuhan Economic (PE) tidak perlu sinergitas antar kepala daerah adalah hal yang naif.

Hal tersebut dikatakan pakar ekonomi Sulut Gerdi Worang. Menurutnya, Manado ibu kota provinsi Di support oleh kabupaten/kota yang ada disebelahnya. Misalnya turis diluar Sulut yang suka ke Tomohon dan ke danau Tondano kebanyakan menginap di Manado. “Jadi jelas untuk putaran uang mereka banyak bertransaksi di Manado.Padahal mereka berwisata di kabupaten/kota lainnya, “terang Worang.

Lanjutnya, Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) saat menerima CNBC Award bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang sedang cuti mengatakan pekerja asing yang datang dari Cina itu pertama kali masuk Indonesia itu tinggal di Manado sebelum bekerja di Morowali Sulteng. “Ini jelas bahwa IPM dan PDRB Kota Manado seakan-akan adalah hasil dari Kota Manado itu sendiri .Padahal itu dipengaruhi oleh tamu dari kabupaten/kota.Maupun provinsi lainnya yang transit di Manado,”terangnya.

Karena itu kata Worang,hendaknya kepala daerah harus melihat juga akan situasi kota yang terjadi. “Amati akan putaran uangnya dari mana-mana. Dan identifikasi tujuan tamu sebenarnya akan kemana, “tandasnya. (tra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here