Baliho Habib Rizieq Diturunkan

0
TEGAS: Baliho Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab di sejumlah daerah diturunkan aparat keamanan.(FOTO/ISTIMEWA)

harimanado.com, JAKARTA-Aparat gabungan TNI, Brimob, dan Satpol PP DKI Jakarta berpatroli dan mencopot baliho-baliho tidak berizin, termasuk yang bergambar Imam Besar FPI (Front Pembela Islam) Habib Rizieq Shihab. Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin menegaskan jika baliho-baliho yang dipasang di ruang publik tidak diturunkan sendiri oleh pemasang, akan diturunkan oleh aparat keamanan yakni TNI-Polri. “Kami berharap semua baliho-baliho itu diturunkan oleh mereka yang memasang, kemudian apabila tidak diturunkan, kita (Satpol PP) akan tertibkan, tentu bersama dengan aparat keamanan yang terkait yakni TNI Polri,” kata Arifin di Balai Kota Jakarta, Jumat (20/11) lalu.
Hal ini terkait dengan informasi penertiban baliho-baliho tidak berizin di kawasan-kawasan publik, termasuk yang merupakan milik Front Pembela Islam (FPI) dengan gambar pimpinan mereka Rizieq Shihab yang tersebar di berbagai lokasi.
Arifin mengatakan, penertiban ini adalah dalam rangka mewujudkan dan menjaga Kota Jakarta yang bersih dan teratur. “Sekali lagi ini dalam rangka bagaimana kita mewujudkan Jakarta yang bersih yang tertib teratur. Jadi mari kita jaga kota kita, agar bisa lebih baik lagi,” ucapnya.
Dikatakan, penurunan baliho tersebut harus dilakukan sesegera mungkin karena juga banyak yang kondisinya akan jatuh sehingga membahayakan masyarakat sekitar yang melintas di bawah baliho tersebut.
Secara terpisah, Satpol PP Kota Semarang juga menurunkan baliho Rizieq Shihab dan sejumlah baliho lain yang tidak memiliki izin di beberapa titik di wilayah Semarang Utara.
Ada sekitar 3 titik baliho bergambar Habib Rizieq Shihab yang dicopot di wilayah Semarang Utara yaitu di Jalan Kolonel Sugiono, Jalan Layur dan Jalan Kakap.
Dari pemantauan yang di lakukan Satpol PP, keberadaan baliho Rizieq Shihab hanya ada di wilayah Semarang Utara.
Selain baliho bergambar Habib Rizieq, spanduk lain yang tak memiliki izin pemasangan juga dicopot Satpol PP.
Satpol PP Kota Semarang menegaskan upaya bersih-bersih baliho tak berizin ini sesuai dengan Perda No. 4 tahun 2019 tentang reklame.
Aparat gabungan Satpol PP, Tni, dan Polisi, juga menertibkan spanduk Rizieq Shihab yang tak berizin di sejumlah lokasi di Solo, Jawa Tengah.
Spanduk ditertibkan karena menyalahi aturan pemasangan.
Polisi menyebut akan bertindak tegas untuk menertibkan semua baliho tak berizin termasuk yang berisi hasutan dan juga ungkapan provokatif.
Aparat gabungan TNI, Polisi, dan Satpol PP Kota Pekalongan juga merazia baliho tak berizin. Salah satunya baliho milik Habib Rizieq yang terpasangan di salah satu taman kota Pekalongan.
Razia baliho tak berizin ini dilakukan untuk penertiban lingkungan Kota Pekalongan.(kpc/jpc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here