Polri Diminta Selidiki Lafal Azan dengan Seruan Jihad

0
Abdul Mu'ti

harimanado.com, JAKARTA-Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengomentari video viral mengenai kumandang azan yang menyelipkan ajakan untuk berjihad. Dalam lafal azan tersebut, terselip kalimat ‘hayya alal jihad’ yang berarti marilah kita jihad.
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyatakan, pihaknya belum menemukan hadits yang menjadi dasar azan tersebut.
Dia mempertanyakan, apa yang menjadikan dasar perubahan pada lafal azan.
“Saya juga tidak tahu apa tujuan mengumandangkan azan dengan bacaan hayya alal jihad,” kata Mu’ti dalam keterangannya, kemarin (1/12).
Karena itu, Mu’ti meminta aparat keamanan khususnya Polri dapat menyelidiki maksud azan dalam video yang beredar di media sosial tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak meresahkan masyarakat.
“Aparatur keamanan dapat melakukan penyelidikan dan memblokir supaya video adzan tersebut tidak semakin beredar dan meresahkan masyarakat,” ucap Mu’ti.
Selain itu, Balitbang Kementerian Agama dapat segera meneliti azan dengan seruan jihad tersebut. “Ormas-ormas Islam perlu segera memberikan tuntunan kepada para anggota agar tetap teguh mengikuti ajaran agama Islam yang lurus,” tegas Mu’ti.
Terpisah, Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Azis Yanuar menilai, wajar apabila ada seruan azan dengan mengajak untuk berjihad. Namun, dia tidak mengetahui secara pasti dimana video tersebut dibuat.
“Seingat saya dulu pernah, tapi persisnya enggak tahu dimana. Mungkin di Petamburan atau di Bogor,” ujar Azis.
Azis tidak mengetahui mengapa video itu bertebaran di media sosial menjelang pemeriksaan Imam Besar FPI Rizieq Shihab di Polda Metro Jaya.(jpc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here