Sosialisasi Masif Dilakukan, KPU Sulut Siap Selenggarakan Pungut Hitung 9 Desember

0
Ketua KPU Sulut saat memberikan sambutan di kegiatan apel akbar dan doa bersama penyelenggara, Jumat (4/12) di Manado

Harimanado.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut telah siap melaksanakan Pilkada 2020 9 Desember mendatang. Hal itu disampaikan Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh dalam kegiatan apel akbar dan doa bersama penyelenggara pemilihan 2020, Jumat (4/12) di salah satu hotel di Manado.

Pada kesempatan itu, Ardiles memaparkan kesiapan KPU Sulut untuk menuju hari H pemungutan dan perhitungan suara.

Mulai dari kesiapan sumber daya manusia (SDM), logistik, sampai pada penerapan protap kesehatan di TPS. (An1)

“Untuk penyelenggara ad hoc, di 171 kecamatan ada orang setiap kecamatan. Sehingga totalnya1.368. Kemudian kita membentuk penyelenggara di 1.839 kelurahan/desa yakni 6 orang setiap kelurahan/desa dengan total 11.034. Di TPS yang jadi ujung tombak, ada 5.809 TPS, 9 petugas dengan total 52.281,” paparnya.

Nampak tamu yang hadir dalam apel akbar dan doa bersama.

Terkait kesiapan teknis, lanjut Ardiles, pihaknya sudah lakukan bimbingan teknis (bimtek) secara berjenjang untuk pungut hitung di TPS.

“Bimtek diutamakan soal penerapan protap covid di TPS. Sebab ini hal baru bagi jajaran. Bimtek tentunya untuk memperkuat pemahaman.

Selain itu juga telah dilakukan simulasi di 15 kabupaten/kota untuk memperkokoh kerja, pengetahuan jajaran kita,” terangnya.

Lebih jauh dijelaskannya, KPU Sulut telah lakukan sosialisasi secara masif di seluruh kecamatan.

“Hari ini secara bersamaan dan serentak dilakukan sosialisasi di kelurahan/desa di Sulut. Setiap desa ada 20 orang berkumpul dan kita sosialisasi,” ucapnya.

Soal logistik, ditambahkannya, sampai hari ini seluruh kebutuhan semuanya sudah ada di gudang logistik kab/kota.

“Dipastikan Pulau terluar, Marore dan Miangas, hari ini mulai digeser logistiknya dengan perhatikan kondisi cuaca ekstrim. Mudah-mudahan sampai minus 1 hari H sudah berada di TPS,” tuturnya sembari berterima kasih atas dukungan semua stakeholder.

“Mohon doa bersama supaya 9 Desember masyarakat datang TPS tidak takut dan tetap terapkan protap, sehingga terhindar virus. Dan di sisi lain sukses gelar pilkada,” tutupnya. (An1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here