Gelar Sosialisasi Pilkada Santun, LPK Khairah Ummah Terima Apresiasi KPU Sulut

0
PILKADA SANTUN: Dr Mardan Umar, Herry Anwar dan Lanny Ointoe tampil di diskusi yang digelar LPK Khaira Ummah, baru baru ini.(dok)

Harimanado.com– Lembaga Pemberdayaan Keumatan (LPK) Khaira Ummah Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020, Selasa (08/12).

Sosialisasi yang digelar di Warkop D’Kampis Kelurahan Sindulang Dua kompleks Boulevard 2 itu, bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut.

Ketua Panwascam Tuminting Fuad Kadir saat bertanya.

Dengan mengusung tema: ‘Membangun Partisipasi Masyarakat dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Dalam Mewujudkan Pilkada Sulut yang Demokratis dan Berintegritas’.

Uniknya, dalam kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari figur-figur yang berkualitas dan menggugah partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi tahunan.

Yakni, Dr. Mardan Umar, S.Pd., M.Pd. (Akademisi), Hery Anwar, S.I.P. (Tokoh Masyarakat/Aktifis dan Pengurus LPK Khaira Ummah Sulut), Lanny Anggriany Ointoe, S.E. (Komisioner KPU Sulut).

Dalam forum sosialisasi tersebut, Mardan Umar menyampaikan tentang bagaimana fenomena yang terjadi selama proses dan tahapan Pilkada dari kacamata seorang akademisi.

“Saya amati, masih terjadi distorsi antara harapan terwujudnya Pilkada yang demokratis dan berintegritas dengan fakta di lapangan, contoh maraknya perilaku yang ditunjukkan oleh para kontestan dan pendukungnya yang kurang mematuhi aturan pilkada,” sampainya.

Sementara itu, Hery Anwar selaku Aktifis LPK Khaira Ummah Sulut juga menghimbau, agar masyarakat dapat menghindari konflik politik yang memecah belah persatuan.

“Meskipun realita menunjukkan bahwa masih ada beberapa wacana yang dimunculkan seperti, politik identitas, diskriminasi pembangunan antar wilayah, pragmatisme grass root, money politik, serta lainnya, jangan sekali kita mudah diprovokasi,” himbaunya.

Lain hal dengan Lanny Anggriany Ointoe, dengan kapasitasnya sebagai Komisioner KPU Sulut, Lanny mengajak kepada seluruh peserta sosialisasi terkhususnya Aktivis dan pengurus OKP agar ikut berpartisipasi dalam kampanye Pilkada damai, sejuk, dan kondusif.

“Jangan khawatir dan takut datang ke TPS, KPU telah mempersiapkan semaksimal mungkin untuk suksesnya Pilkada di masa pandemi ini,” ajaknya.

Lanny juga mengapresiasi kontribusi LPK Khairah Ummah dalam agenda nasional ini, yang meningkatkan partisipasi masyarakat dengan membangun kesadaran bersama.

Kegiatan ini berjalan lancar, terpantau peserta yang hadir yakni, seluruh pengurus LPK Khairiah Ummah, aktivis dan pengurus OKP, serta seluruh komponen masyarakat.

Menariknya, di akhir acara, salah satu narasumber yaitu, Mardan Umar membagi-bagikan hadiah buku karyanya yang berjudul ‘Islam Rahmatan Lil’ Alamin: Mengenalkan Kelembutan dan Kasih Sayang Islam Kepada Generasi Milenial’, kepada Pengurus LPK Khaira Ummah Sulut.(tr21)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here