harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda

KPU Manado Bersiap Hadapi Perkara PHPKADA di MK

Harimando.com –  KPU Manado mulai menyiapkan diri untuk menghadapi gugatan perkara Perselisihan Hasil Pilkada (PHPKada) yang diajukan Paslon nomor urut 4 Paula Runtuwene-Harley Mangindaan (PAHAM), di Mahkamah Konstitusi (MK).

Buktinya, pada Senin (28/12/2020) kemarin, KPU Manado menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan penanganan perkara perselisihan hasil Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Manado, di Sintesa Peninsula Hotel Manado.

Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan Sunday Rompas menegaskan, rakor tersebut merupakan bagian dari upaya menghadapi gugatan PHPKada. “Kami mempersiapkan diri semaksimal mungkin terkait sengketa Pemilu,” tegasnya.

“Semuanya telah kita persiapkan, mulai dari mekanisme tata beracara di Mahkamah Konstitusi (MK), mengidentifikasi dalil gugatan Paslon terkait dan lainnya,” terangnya.

Related Posts

Menurut dia, gugatan Paslon ke MK adalah hak demokrasi. Namun pihaknya masih menunggu hasil tanggapan MK terkait gugatan tersebut.

“Makanya, KPU wajib memberikan hak jawab sebagai counter terhadap gugatan yang akan diajukan Paslon ke MK, mulai dari bukti, berkas administrasi, kronologi, dan lain-lain,” tambahnya.

Lanjut Rompas, disinyalir Sidang sengketa Pilkada akan diselenggarakan pada 18 Januari 2020 di MK, dan Paslon sedang mempersiapkan berkas pengajuan gugatan.

“KPU telah menerima gugatan dari Paslon Nomor Urut 4 sekira 21 Desember lalu, namun mereka masih dalam tahap perbaikan yang dibatasi MK sampai 5 Januari mendatang,” ungkapnya.

Dalam Rakor tersebut, hadir jajaran PPK tingkat Kecamatan. “Kita hadirkan PPK untuk memperkuat komitmen kerja kepemiluannya, dan juga penting diperhatikan terkait alat bukti dan persiapan lainnya,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.