harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda

Drive Thru Swab PCR dan Antigen Hadir di Manado

Harimanado.com, Manado – Kabar gembira bagi warga Sulawesi Utara, khususnya di Kota Manado. Dalam situasi pandemic Covid-19. Alhasil didirikan sebuah driva thru Swab PCR dan Antigen Test yang pertama kali berpola ‘contactless’ berlokasi di Lapangan KONI Manado.

Co-founder Drive Thru Swab PCR dan Antigen Test Dr Enriko H Rawung MARS mengatakan bahwa ide tersebut tidak lahir dari ruang hampa. Namun, tentunya dikarenakan ada problem yang terjadi di tengah-tengah masyarakat kekinian.

“Beberapa waktu terakhir ini, saya dan beberapa teman bekerja keras untuk membentuk sebuah platform layanan baru yang diharapkan dapat membantu banyak orang,” kata dr Enriko, Rabu (20/1).

Dia menjelaskan, ide layanan ini sebenarnya dimulai dari sebuah masalah besar, yaitu Pandemi Covid-19. Akhir-akhir ini di berbagai belahan bumi, termasuk di Kota Manado, terjadi peningkatan kasus covid-19 yang sangat signifikan dan hal itu menjadi keprihatinan kita semua. Salah satu hal yg menjadi keluhan adalah terbatasnya fasilitas laboratorium swab PCR & Antigen yang cepat, aman dan nyaman. Antrian yang padat dan panjang di laboratorium swab PCR & Antigen Test Covid-19 menimbulkan kekhawatiran baru, orang-orang yang belum tentu positif bisa beresiko terjangkit karena situasi antrian yang berpotensi menjadi sarana terjadinya transmisi covid-19.

Untuk itu, kata dr Enriko, keluhan-keluhan ini pun sampai di telinga pihaknya dan dibahas di sebuah grup WA yang berisi orang-orang yang menurutnya cukup kompeten untuk merancang sebuah solusi. Di mana di dalamnya terdapat dokter, ahli IT, akuntan dan orang-orang yang berpengalaman di manajemen pelayanan publik.

“Sebagai wujud kepedulian kami, maka kami merancang dan mendirikan sebuah DRIVE THRU SWAB PCR & ANTIGEN TEST yang pertama kali berpola “contactless” dengan lokasi di Lapangan KONI Manado,” tegasnya.

Dia mengingatkan, costumer tidak perlu melakukan kontak fisik dengan siapapun kecuali dengan petugas swab selama menerima layanan ini, sehingga terhindar dari antrian di laboratorium yang bisa menjadi sarana transmisi virus Covid-19. Sejak melakukan registrasi, pembayaran, swab test sampai dengan menerima hasil, para costumer akan menggunakan teknologi informasi yang dapat diakses melalui smartphone.

“Kami bersyukur layanan ini telah berhasil kami buat dan persembahkan untuk anda. Layanan ini akan mulai beroperasi pada Kamis 21 Januari 2021, jam pelayanan 09:00 – 12:00; 14:00 – 16:00 wita,” tuturnya.

Selain itu, Dr Enriko juga menegaskan kembali bahwa yang bisa melakukan swab test hanya dengan mengakses web: cutt.ly/kti dari smartphone masing-masing, dan selanjutnya hanya duduk dari dalam mobil saja.

“Anda dapat melakukan antrian melalui pintu masuk DRIVE THRU SWAB PCR & ANTIGEN TEST melalui Pintu Jalan Kembang (Samping Pintu Ex Kantor DPRD Sulut), selanjutnya menerima layanan swab test dengan relatif lebih aman dan nyaman. Terima kasih kepada Pemprov Sulut dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga, Laboratorium Klinik Kanaka, Bank BNI, Keyklik, GSJ, Ajenrem, Polsek Sario dan semua pihak yang telah bekerja sama dan mendukung terlaksananya layanan ini,” ucap Rawung. (tr03/but)

Leave A Reply

Your email address will not be published.