harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda

Prof Ellen Pimpin Wisuda Unsrat Secara Daring dan Luring

Harimanado.com, MANADO–Pandemi Covid-19, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, berhasil mencetak lulusan terbaiknya.

Melalui upacara wisuda daring, Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA, secara simbolis yang diwakili sejumlah lulusan mewisuda sebanyak 1.159 orang lulusan.

Diungkapkan Prof Kumaat, prosedi wisuda merupakan pengakuan akademik yang diberikan kepada lulusan. Dan langkah selanjutnya adalah mendapatkan pengakuan di tengah masyarakat luas sebagai akuntabilitas dari gelar akademik yang telah diraih.

Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA “Saudara-saudara dituntut untuk berorientasi bahkan berevolusi dengan perkembangan zaman serta perubahan global yang tidak pernah sepi,” ungkap Prof Kumaat, Kamis (20/5/2021).

Rektor Prof Kumaat juga berpesan untuk menjalani hidup dengan penuh semangat, apapun kondisinya.

“Always give your best. Dunia ini sangat membutuhkan orang-orang dengan karakter dan budaya tinggi, yang dapat membuat masyarakat hidup dengan lebih baik. Seperti motto dari Founder Universitas Sam Ratulangi, di mana pun kita berada, kehidupan harus lebih baik,” ungkapnya.

Related Posts

Dunia sekarang, sambung Prof Kumaat telah memasuki era Society 5.0 yang ditandai dengan kualitas SDM yang mampu berpikir kompleks, kritis, kreatif, tetapi juga cakap berkoordinasi dengan orang lain.

“Society 5.0 merupakan “A New Humanism” yang menawarkan pendekatan baru untuk memecahkan berbagai persoalan sosial.
Dengan hadirnya pandemik di era ini, dunia dituntut untuk mengembangkan berbagai strategi kemanusiaan sebagai respon atas kondisi itu,” jelasnya.

Suasana wisuda daring Rektor berharap, Wisuda ini bukanlah akhir perjuangan, melainkan awal dari perjuangan yang sesungguhnya, lepas dari kampus pembelajaran sejati di mulai. Never Stop Learning, teruslah membuka diri untuk hal-hal yang baru.

“Ingatlah selalu akan kecerdasan kemanusiaan sebagai modal dasar untuk mengelola literasi data dan teknologi, juga keseimbangan antara pengetahuan, keterampilan dan sikap/etika jangan dilupakan,” tandasnya.

Rektor secara khusus menyampaikan ucapan selamat kepada para lulusan beserta keluarga atas pencapaian akademik yang telah diraih. Dengan pelaksanaan wisuda, maka jumlah lulusan Unsrat tercatat sebanyak 96.798 orang.

“Bertambahnya 1.159 lulusan, maka sepanjang sejarah berdirinya Universitas Sam Ratulangi telah menghasilkan Sumber Daya Manusia SDM berpendidikan tinggi sebanyak 96.798 orang,” sebut Prof Kumaat.

Diketahui, pelaksanaan wisuda dilakukan melalui Sidang Terbuka Senat, Masing-masing wisuda untuk Program Doktor, Magister, Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPD-Sp1), Profesi, dan Sarjana Periode IV Tahun Akademik 2020/2021.
Secara terinci, sebanyak 1.159 lulusan yang diwisuda, terbagi untuk program Doktor 12 orang, Magister 81 orang, Spesialis satu 24 orang, Profesi 59 orang dan Sarjana 983 orang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.