harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda

Bangun Mushola di Kantor Bupati, NU Sebut Joune Ganda Pemimpin Nasionalis

Ulyas Taha

harimanado.com, MINUT–Kebijakan Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda yang akan membangun tempat ibadah bagi umat muslim yakni Mushola di areal perkantoran Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mendapat sambutan baik dari masyarakat, tokoh muslim Minut bahkan Sulut. Bupati hasil pilihan rakyat di Pilkada 2020 lalu itu dinilai pemimpin yang menunjukkan jiwa nasionalis. Pasalnya, diketahui bersama Minut sendiri merupakan daerah minoritas bagi umat muslim, namun dikepemimpinan kader PDIP itu menjadikan masyarakatnya mendapatkan bagian yang sejajar.

Hal ini seperti dikatakan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sulut KH Ulyas Taha saat dimintai tanggapan. Menurutnya, adanya rencana Bupati Minahasa Utara Joune Ganda yang akan menyiapkan Mushola (tempat ibadah, red) bagi umat Islam di kompleks perkantoran Pemkab Minut adalah merupakan wujud sebuah kemajuan cara berpikir pemimpin daerah tentang hakekat dari negara yang memiliki falsafah dan ideologi negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

“Pemerintah memang harus wajib hadir dan memfasilitasi sarana yang dibutuhkan oleh umat beragama. Meskipun ini baru akan terealisasi saat ini. Maka tentu selaku ketua NU Sulut memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas rencana yang baik ini. Niatan Bupati Minut bagi NU ini sungguh luar biasa,”kata bang Ulyas sapaan akrabnya, Rabu (16/6).

Related Posts

Selain itu, kata Taha, tuhan telah menghadirkan pemimpin di antara kita yang betul-betul memiliki kepedulian terhadap kebutuhan umat beragama. “Tentu bagi umat Islam dengan hadirnya Mushola di kompleks perkantoran akan memberi dampak terhadap kualitas pengamalan agamanya. Sehingga dengan demikinan akan melahirkan para ASN yang beriman yang pada akhirnya akan memberi dampak positif terhadap peningkatan kinerjanya dimana dia bekerja. Sekali lagi ini adalah sebuah lompatan yang luar biasa,”tandas Taha.

Sementara itu, sebelumnya Bupati Minut Joune Ganda mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya telah merencanakan akan membangun mushola di areal perkantoran Bupati. Pasalnya, diketahui sudah beberapa kali berganti pemerintahan, belum pernah dibangun tempat ibadah itu bagi umat muslim. Sehingga kata Ganda, pemerintah akan membangun sarana rumah ibadah tersebut dalam rangka menghormati dan menghargai saudara-saudara muslim yang ingin menjalankan ibadah.

“Saya fikir ini urusannya wajib dilakukan pemerintah. Sebagai pemimpin yang berdiri di atas semua kalangan hal ini penting untuk dilakukan. Apalagi kita ketahui bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Pemkab Minut sebagiannya adalah yang beragama Islam. Apalagi yang namanya kantor pemerintahan itu sudah pasti banyak aktifitas warga yang didalamnya ada warga muslim yang ingin mencari tempat untuk beribadah,”kata Bupati berlatar belakang pengusaha itu.

Ditambahkannya, pemerintah juga banyak kedatangan tamu dari Kementrian, yang juga diketahui mereka banyak yang beragam Muslim. Jika berkunjung sudah pasti akan bertanya dimana rumah ibadah.”Hal ini wajib direalisasikan. Kami di Sulut ini terkenal dengan nilai-nilai keberagaman, toleransi dan saling mencintai antar pemeluk agamanya,”terang Joune Ganda.(fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.