harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda

OD Sangat Pede, Semester 2 Ekonomi Sulut Naik 5,5 Persen

Gubernur : Pertumbuhan Ini Merata di Kabupaten/Kota

MANADO– Trend ekonomi  Sulawesi Utara (Sulut) telah mendaki. Lantaran tekanan corona virus (covid) 19 mulai berkurang. Olehnya Gubernur Sulut Olly Dondokambey kelihatan optimis di semester 2 tahun 2021 ini pertumbuhan ekonomi di angka fantastis 5,5 persen.
Kata OD, proyeksi PE ini  tidak asal asumsi. Dia mendapat informasi, sumber pertumbuhan ekonomi telah bernafas baik.  Investasi pemerintah (pembentukan modal tetap bruto) telah bergerak di lapangan.

“Sektor ekonomi lain, seperti perdagangan, pertanian dan ekspor di bumi Nyiur Melambai sedang bagus-bagusnya,”demikian dikatakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat menghadiri rapat paripurna di kantor DPRD Sulut, Selasa (15/6) kemarin.

Gubernur Olly mengungkapkan optimisnya pada Pertumbuhan Ekonomi Sulut yang akan naik di semester kedua tahun 2021.
Sulut di semester pertama mencatatkan Pertumbuhan Ekonomi positif di angka 1,87 persen.  Sulut menjadi satu dari provinsi di Indonesia yang pertumbuhan ekonominya positif. Sumber pertumbuhan belanja pemerintah dan ekspor.
“Di semester kedua optimistis sudah bisa kembali seperti semula pertumbuhan ekonomi 5,5 persen,” ujar Mantan Anggota DPR RI ini.
Target ini tak muluk-muluk. Buktinya, semester kedua 2020, Pertumbuhan ekonomi Sulut masih minus 3,7 persen.
“Kita genjot naik 1,87 persen, kita genjot bertumbuh 5 persen,” ujarnya.
Situasi kondisi, kita bersyukur ada pemerataan pembangunan Sulut di 15 kabupaten/ kota jadi catatan pemerintah.
Selain itu, Ekonomi Sulut merata di 15 kabupaten/kota merata. Penyerapan program pemerintah tersebar di kabupaten/kota.
Rupanya aktivitas ekonomi didorong 23 persen dari sektor pertanian, kemudian 30 persen dari  belanja pemerintah di daerah.
Adapun rapat paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Sulut Andy Silangen, serta dihadiri Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, Sekprop Edwin Silangen SE MS, para anggota Deprop Sulut dan pimpinan SKPD Pemprop Sulut. (tra)
Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published.