harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
bolsel
syarikatislam

Dua Mahasiswa Unsrat Masuk GBN Isi Acara 17 Agustus

Harimando.con, MANADO–Dua m mahasiswa Unsrat masing-masing Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Viola Pongajow yang adalah mahasiswa Teknik Sipil 2017 dan Willie Loprang, mahasiswa Management 2017, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dinyatakan lolos seleksi Gita Bahana Nusantara (GBN), angkatan 2021.

Melalui wadah GBN, keduanya, yang tergabung dalam kelompok musik, akan bertugas untuk acara kenegaraan, yakni Sidang MPR, DPR, dan HUT Kemerdekaan RI.

Nusantara adalah untuk membangun karakter dan jati diri bangsa, memupuk rasa kebersamaan dan nasionalisme serta meningkatkan apresiasi seni di kalangan generasi muda. “Pembentukan Gita Bahana Nusantara untuk memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI setiap tahunnya telah berlangsung sejak tahun 2003,” tukasnya.

Pada tahapan seleksi paduan suara, sebelumnya dilaksanakan oleh masing-masing provinsi.

Diketahui, ada 3 tes yang harus dilalui oleh setiap peserta: (1) menyanyikan lagu wajib pilihan yang disediakan panitia (2) teknik bermusik untuk segala macam tangga nada untuk mengecek range suara; dan (3) primavista, yaitu kemampuan membaca dan menyanyikan not. Di Sulawesi Utara seleksi dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut.
Untuk orkestra seleksinya dilaksanakan terpisah di Yogyakarta dan diseleksi langsung oleh panitia pusat.

Selanjutnya, untuk pengumumannya disampaikan dalam pertemuan virtual seluruh peserta GBN, baik paduan suara maupun orkestra, bersama Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Untuk pelaksanaannya via zoom meeting tanggal 17 Juli 2021, ketika pelatihan daring sudah sementara berlangsung. Pengumuman disampaikan oleh Syukur AS, dari Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan.

Related Posts
jrbm

Sesuai surat edaran Dirjen Kebudayaan pada tanggal 7 Juli 2021 menjelaskan teknis pelatihan gabungan daring-luring. Jadi 1 minggu daring di rumah masing-masing, kemudian berangkat ke Jakarta tanggal 25 Juli 2021 untuk pelatihan luring dan perekaman suara.

“Namun karena pandemi Covid-19 terus meningkat, tanggal 10 Juli ada pemberitahuan via grup Whatsapp bahwa semua pelatihannya dilaksanakan secara daring. Pengumuman resminya disampaikan dalam zoom meeting tanggal 17 Juli 2021,” kata Viola.

Sementara itu, untuk latihan online, adalah penyesuaian besar. “Karena kami harus latihan paduan suara tanpa mendengarkan suara teman yang lain. Menurut saya rasanya lebih melelahkan karena banyak energi dan fokus yang terkuras di depan layar laptop/hp,” tukasnya.

Untuk proses latihan dan perekaman, dilaksanakan di rumah masing-masing.

Panitia pusat memfasilitasi paket data 150.000/orang tapi kalo dari Pronvisi Sulut sendiri tidak ada apresiasi, walau hanya sertifikat penghargaan.

“Mungkin belum. Kalau di provinsi lain ada yang dapat piala, sertifikat hingga uang saku Rp 7juta rupiah, mereka pun diajak bertugas di upacara HUT-RI di provinsi. Tetapi yang penting pengalamannya, meski hal ini memang sangat disayangkan,” ujarnya.

Selain Viola dan Willie, ada tim lainnya yang juga turut memberikan support, yakni
Sopran – Viola D. Pongajow – Unsrat
Alto – Virginia Pongkorung – Unima
Tenor – Vincent Rumondor – Unika De La Salle
Bass – Willie Loprang – Unsrat
Orkestra (Biola) – Kevin Hansang – IAKN.(tha)

Leave A Reply

Your email address will not be published.