harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
PLN
how to make a woman squirt.like it https://www.weneedporn.online
like itjav the thai massage.
nude milfs

Manfaatkan Air Kelapa

harimanado.com, MANADO-Sudah delapan tahun Kartika Frederik merambah dunia bisnis. Dalam usahanya itu Kartika memproduksi berbagai produk berlabel Popoji. Yakni dompet, tas, tempat tisue, dan masker.
Menurut Kartika semua barang yang diproduksinya itu dibuat dengan tangan (handmade). Bahan-bahanya pun berkualitas.
”Usaha (Popoji) sudah dimulai sejak tahun 2013. Awal mula karena ingin menghemat pembuatan goodie bag (tas hadiah) ulang tahun anak. Saat itu goodie bag ultah cukup mahal, apalagi yang berkualitas baik dan tidak pasaran. Maka, saya belajar buat pouch (dompet kecil) dari Youtube. Sejak itu, saya menjadi minat di dunia handmade,” kata Kartika kepada Koran ini beberapa waktu lalu.
Istri Gerardus Heyneker dan ibu dari Marianna Heyneker menerangkan, bahan-bahan produk Popoji seperti kain ada yang berasal dari Sulawesi Utara (Sulut) dan ada pula bahan kain desainer berlisensi di luar negeri seperti Korea, Jepang, dan Amerika.
”Produk Popoji unik karena motif-motifnya kain yang digunakan tidak pasaran. Kualitas kain dan bahan-bahan pelengkap saya pilih yang baik. Jahitan produk Popoji juga rapih. Kalau permintaan, awalnya datang dari teman-teman dan kenalan,” ujarnya.
Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Klabat ini menetapkan produk-produknya dengan harga bervariasi yaitu dompet Rp100 ribu, Rp275 ribu, dan Rp300 ribu.
Untuk tas Rp175 ribu dan Rp500 ribu, serta tempat tisue Rp160 ribu.”Saya kerjakan sendiri, dan sehari bisa membuat 12 masker. Targetnya, seminggu 60 buah masker. Selain kualitas produk saya juga melihat psikologis pasar. Kemudian, menjaga hubungan yang baik dengan customer dan tentunya memberikan kenyamanan saat belanja. Komunikasi yang baik dengan konsumen dan supplier selalu saja dijaga dengan baik dan membuat mereka merasa nyaman dan dihargai,” tuturnya ramah.
Dikatakan Kartika, untuk penjualan kebanyakan via online (instagram). “Tidak banyak promosi yang saya lakukan, tetapi strateginya adalah menjaga dan merawat existing customer (pelanggan yang ada) lewat layanan dan kualitas produk. Lewat existing customer, Popoji bisa mendapatkan repeat order (mengulangi pesanan) dan juga word of mouth (komunikasi langsung). Regular customer Popojilah yang menjadi media promosi Popoji,” sambungnya.
Selain itu, usaha yang dikelola Kartika ini juga memproduksi produk perawatan wajah dari air kelapa berlabel HF Delight. Produk itu dipatok harga per botol Rp35 ribu (60 ml). Penjualan produk HF Delight ini dilakukan secara langsung dan online.”Saya mengutamakan kepuasan customer. Ketika mereka puas maka mereka bicara kepada orang lain, dan saya bisa mendapat order baru dari kenalan para konsumen. Air kelapa ini adalah produk yang bisa membersihkan wajah, tonner, atau sebagai essen,” terangnya.
Selain Sulut produk Popoji juga sudah dijual ke daerah lain bahkan luar negeri seperti Jakarta, Jawa Barat, Australia, dan Amerika Serikat. Yang berminat dapat menghubungi nomor HP 085395711036.(axm/*)

jrbm

Leave A Reply

Your email address will not be published.