harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
bolsel
syarikatislam

Ingin Nikmati PKTD Warga Desa Tolondadu Turun ke Jalan

BOLSEL – Warga Desa Tolondadu, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolmong Selatan gotong royong membersihkan jalan desa untuk pertanian Sabtu (06/08/2022).

Selain untuk kepentingan desa sendiri, juga ada kaitan dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

Kata Sangadi Desa Tolondadu Albert Tontoli kegiatan bersih lingkungan masuk program Padat Karya Tunai Desa (PKTD).Tujuannya memberdayakan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal.

“Kami ingin memanfaatkan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Related Posts
jrbm

Padat Karya Tunai Desa (PKTD) merupakan program nasionalmsetiap desa wajib menganggarkannya. Anggarannya semua untuk masyarakat dalam bentuk Hari Orang Kerja (HOK).

Prioritas Dana Desa 2022 berdasarkan permendesa PDTT 13 tahun 2020 salah satunya PKTD.

Sangadi Desa Tolondadu, Alber Tontoli (Bento) mengatakan PKTD dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar,. Mereka diberi honorarium (upah) langsung tunai.

“Kriteria keterlibatan warga desa dalam program PKTD yaitu pengangguran, keluarga miskin, dan warga marginal lainnya, termasuk juga perempuan kepala keluarga,” ujarnya.

Sebagai informasi, Jumlah masyarakat yang mendaftar untuk ikut berpartisipasi dalam PKTD pembersihan jalan tani desa Tolondadu menyerap tenaga kerja sebanyak 178 HOK.(ipul)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.