harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
bolsel
syarikatislam

Indonesia Kans Ulangi Semifinal Piala AFF 2016

 

JAKARTA- Timnas Indonesia pernah menyingkirkan Vietnam di semifinal Piala AFF. Enam tahun lalu, cakar Garuda mencabik Prajurit Bintang Emas di Stadion Pakansari. Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022. Laga timnas Indonesia vs Vietnam pada semifinal Piala AFF 2022 tersebut bakal dilangsungkan Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB di Staion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner-up Grup A, sedangkan Vietnam merupakan juara Grup B.

Setelah enam tahun, Indonesia dan Vietnam akhirnya bertemu kembali di semifinal Piala AFF. Enam tahun lalu, timnas Indonesia juga bersua Vietnam pada semifinal Piala AFF edisi 2016. Bahkan, situasi pada semifinal Piala AFF 2016 serupa dengan semifinal edisi tahun ini. Kala itu, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah leg pertama yang digelar di Stadion Pakansari, Bogor.

Related Posts
jrbm

Skuad Garuda yang pada saat itu dilatih oleh mendiang Alfred Riedl mampu menundukkan Vietnam dengan skor 2-1 di Pakansari. Timnas Indonesia membuka skor melalui sundulan Hansamu Yama pada menit ke-7. Vietnam kemudian membalas lewat sepakan penalti Nguyen Van Quyet pada menit ke-17.

 

Garuda lantas mengunci kemenangan atas Vietnam melalui tendangan penalti Boaz Solossa pada menit ke-50. Kemenangan 2-1 di Pakansari menjadi modal penting armada Alfred Riedl pada leg kedua di Stadion My Dinh, Hanoi. Duel Vietnam vs Indonesia di Hanoi kala itu berjalan sengit. Garuda unggul lebih dulu berkat aksi Stefano Lilipaly pada menit ke-54. Akan tetapi, The Golden Star Warriors alias Prajurit Bintang Emas Vietnam bisa membalikkan keadaan via gol Vu Van Thanh (83′) dan Vu Minh Tuan (90’+3). Skor 2-1 bagi keunggulan Vietnam pada waktu normal membuat laga dilanjutkan ke extra time. Indonesia bisa menyamakan skor pada menit ke-97 babak extra time melalui eksekusi penalti Manahati Lestussen.

 

Hanoi membuat Indonesia melaju ke final Piala AFF 2016 dengan agregat 4-3 atas Vietnam. Sayangnya, Indonesia gagal menuntaskan perjuangan hebat di semifinal ke takhta juara. Pada laga final, Tim Garuda kalah agregat 1-4 dari Thailand. Menariknya, ada sejumlah pemain dari edisi 2016 yang saat ini menghiasi skuad Indonesia dan Vietnam.

Dari kubu Indonesia, Hansamu Yama yang mencetak satu gol di Pakansari dan Fachrudin Aryanto menjadi dua pemain tersisa. Sementara itu di skuad Vietnam, masih ada beberapa pemain yang tersisa di antaranya adalah penyerang Nguyen Van Quyet dan Nguyen Van Toan serta kiper Tran Nguyen Manh.(Kompas.com)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.