harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
bolsel
syarikatislam

Peluang PSU di Desa Nuangan, Perindo Boltim Desak Bawaslu Tindaki Dugaan Pelanggaran

Harimanado.com, BOLTIM- Praktek dugaan pelanggaran Pemilu diadukan Ketua Partai Perindo Bolmong Timur Sunarto Kadengkang.

Politisi senior ini mengungkapkan adanya pelanggaran yang terjadi di di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3, Desa Nuangan Induk, Kecamatan Nuangan, Boltim, pada saat hari pencoblosan, Rabu (14/02).

Kata Kadengkang dugaan pelanggaran ini, memenuhi unsur Potensi Pelanggaran Pemilu Serentak (PSU) di TPS bersangkutan.

Mereka telah adukan pelanggaran petugas KPPS 3.  Hanya saja laporan ke panwas desa dan panwas kecamatan belum ditindaklanjuti.

Related Posts
jrbm

“Pemeriksaan lapangan menemukan bahwa pelanggaran tersebut pada Petunjuk Pelaksanaan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023, Bab VII tentang Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara Ulang, yang menegaskan perlunya tindakan lanjut berupa PSU,”tandas Kadengkang melalui rilis.

Sunarto bersama Sekretaris Perindo Boltim Ibrahim Makalalag akhirnya menyurat kepada Ketua Bawaslu Boltim untuk menindaklanjuti temuan mereka. Melalui surat Perindo ke ketua Bawaslu Boltim No:17/II/2024 meminta kepada  Bawaslu Boltim untuk menerbitkan surat rekomendasi dilakukan PSU.

“ Waktu yang tersedia untuk menyelesaikan proses PSU terbatas, hanya 10 hari, sehingga penanganan dugaan pelanggaran harus dilakukan dengan cepat dan transparan,”tukasnya.

Adapun bentuk pelanggaran yang dilaporkan Perindo Boltim adalah pemberian surat suara dari KPPS TPS 3 sebanyak 10 lembar kepada orang yang sama atas nama Anang Kobandaha.

“Pak Anang menerima kembali surat suara yang sama dan kembali masuk ke bilik suara,”katanya.(hm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.