harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
bolsel
syarikatislam

SK- AA Amat Akrab di Pawai Cap Go Meh, Signal November 2024

Harimanado.com,MANADO– Ribuan warga memadati kawasan Kampung Cina atau pecinan pusat kota Sabtu(24/2/2024) sore.

Related Posts
jrbm

Mereka kepingin melihat langsung atraksi Tangsin atau biasa di sebut Goan Siaw atau Ence Pia. Ini sebagai puncak perayaan Cap Go Meh Imlek 2575 yang digelar Umat Tridharma di Kota Manado.
Wakil Gubernur Steven Kandouw yang hadir pada perayaan tersebut mengungkapkan perayaan tersebut menjadi simbol
persatuan, hidup damai dan harmonis masyarakat.

Wagub mengungkapkan Perayaan Cap Go Meh 2575 merupakan gambaran kehidupan masyarakat, tidak hanya Umat Tridharma, akan tetapi warga Kota Manado dan Sulawesi Utara.
“Mari kita sukseskan acara ini, ikuti dengan baik karena perayaan ini menjadi simbol persatuan dan kedamaian dan hidup harmonis masyarakat Sulut,” kata Wagub.
Diketahui, Cap Go Meh adalah bagian dari rangkaian perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina. Cap Go Meh biasanya berlangsung pada hari ke-15, setelah pergantian tahun. Pada tahun ini, Cap Go Meh jatuh pada Sabtu (24/2/2024).
Istilah Cap Go Meh berasal dari bahasa Hokkien, Chap Go Meh yang berarti malam kelima belas. Cap Go Meh adalah akhir dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek yang dilakukan tiap tanggal 15 belas pada bulan pertama penanggalan Tionghoa.
Istilah Cap Go Meh umumnya digunakan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Di Tiongkok sendiri, nama yang umum digunakan adalah Festival Lampion.
Pada Perayaan Cap Go Meh, masyarakat Tionghoa biasanya mengadakan pawai di jalan-jalan dengan diiringi pertunjukan Barongsai yang dimulai dari Klenteng. Selain itu, masyarakat Tionghoa biasanya membuat lampion yang dipasang di jalan-jalan utama. Ini juga menjadi salahsatu daya tqrik bagi pengembangan pariwisata Manqdi sebagai ibukota Sulut.Menariknya bukan hanya warga lokal yang hadir tetapi juga turis mancanegara. Mereka tampak bersemangat melihat penampilan Tangsin (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.