AMIN Teratas Versi Survei Eep, Gus Imin: Yang Lain Pesanan

JAKARTA- Bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkapkan hasil survei internal terkait elektabilitas pemilihan presiden 2024. Cak Imin menggunakan survei Polmark yang dipimpin Eep Saefulloh.

Dalam survei internal tersebut, pasangan Anies Baswedan-Cak Imin alias AMIN menang dari bacapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dan bacapres dari PDIP Ganjar Pranowo.

Bacaan Lainnya

“Kita survei bersama Pak Eep untuk kepentingan internal kita, Polmark ya. Alhamdulillah sangat bagus, kita menang,” kata Cak Imin di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (26/9/2023).

Menurut Cak Imin, survei politik yang beredar di tengah-tengah masyarakat tidak menggambarkan hasil sesungguhnya. Karena hasil survei lembaga lain banyak yang sesuai pesanan. Diketahui, sejumlah hasil survei merekam posisi Anies selalu berada di urutan ketiga di bawah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

“Surveinya siapa? Versi siapa? Tergantung. Survei kan banyak sekali. Tergantung pesanan,” kata Cak Imin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu mengaku punya modal besar untuk memenangkan pilpres 2024, khususnya di Jawa Timur (Jatim). Karena di wilayah itu dukungan kepada PKB sangat tinggi.

Modal suara di Jatim menjadi sumber kepercayaan diri Cak Imin untuk menang mutlak di pilpres 2024.

“Jatim alhamdulillah fanatisme PKB semakin tinggi. Fanatisme kepada NU (Nahdlatul Ulama) juga tinggi, ini modal dasar kita. Insyasallah AMIN (Anies-Cak Imin) menang mutlak,” ujar Cak Imin.

Sementara itu, berdasarkan hasil dari sejumlah lembaga survei menunjukkan Anies-Cak Imin masih berada di bawah Prabowo dan Ganjar. Meskipun pasangan bakal capres dan cawapres Anies-Cak Imin sudah dideklarasikan lebih dulu.

Salah satunya hasil survei SMRC. Setelah deklarasi Anies-Cak Imin, posisi pasangan masih tetap berada di bawah Prabowo dan Ganjar.

Elektabilitas Anies-Cak Imin hanya 16,5 persen. Sementara lawannya, Ganjar Pranowo yang disimulasikan berpasangan dengan Ridwan Kamil memiliki elektabilitas 35,4 persen, serta Prabowo Subianto dipasangkan dengan Erick Thohir di urutan kedua dengan elektabilitas 31,7 persen.(lip6)

Pos terkait