Khusus Jatim, Dua Nama Ini Teratas untuk Cawapres, Kata Survei Bukan Cak Imin

Harimanado.com, JAKARTA- Popularitas Menteri BUMN Erick Thohir sedang naik daun. Lebih khususnya di Jawa Timur. Nama ET hanya disaingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Versi survei Indikator terbaru. Nama keduanya kuat menjadi cawapres bagi Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo.
Survei digelar selama 14-20 September di Jawa Timur. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Jawa Timur yang punya hak pilih dalam pemilihan umur, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

Bacaan Lainnya

Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1810 orang. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1810 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error-MoE) sekitar +2.4% pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mulanya memaparkan tingkat elektabilitas tokoh-tokoh menjadi cawapres bagi warga Jatim. Dalam simulasi 5 nama, nama Erick Thohir unggul di urutan pertama, sedangkan Khofifah Indar Parawansa berada di urutan kedua.

“Dua nama ini, Erick Thohir dan Khofifah di kalangan warga Jatim, meskipun Erick unggul tipis, tapi secara umum Khofifah di kalangan warga Jatim punya dukungan yang cukup besar,” kata Burhanuddin dalam pemaparannya, Minggu (1/10/2023).

Berikut urutannya:
Erick Thohir 24,7%
Khofifah Indar Parawansa 24,4%
Ridwan Kamil 15,8%
Sandiaga Uno 12,0%
AHY 6,5%
TT/TJ 16,6%

Selanjutnya, Burhanuddin menjabarkan elektabilitas nama-nama yang potensial menjadi cawapres dari Prabowo dan Ganjar. Diketahui kedua figur bacapres itu masih belum mendeklarasikan sosok cawapres mereka.

Berikut urutan elektabilitas cawapres bagi Ganjar (simulasi 13 nama):

Erick Thohir 20,1%
Khofifah Indar Parawansa 18,5%
Ridwan Kamil 13,5%
Sandiaga Uno 9,6%
AHY 4,6%
Andika Perkasa 4,0%
Muhaimin Iskandar 2,3%
Airlangga Hartarto 1,4%
Basuki Hadimuljono 0,9%
Yahya Cholil Staquf 0,7%
KH Miftahul Achyar 0,6%
KH Nasaruddin Umar 0,5%
Muhadjir Effendy 0,5%
Lainnya 3,0%
TT/TJ 19,8%

Berikut urutan elektabilitas cawapres bagi Prabowo (simulasi 13 nama):

Erick Thohir 22,7%
Khofifah Indar Parawansa 20,6%
Gibran Rakabuming 9,7%
Muhaimin Iskandar 4,4%
Airlangga Hartarto 4,4%
Yenny Wahid 3,6%
Yahya Cholil Staquf 1,3%
Yusril Ihza Mahendra 1,3%
Saifullah Yusuf 0,9%
Muhadjir Effendy 0,6%
Lainnya 3,7%
TT/TJ 27,0%.(fca/imk)

Pos terkait