Anies-Prabowo Sudah Ada 02, Gandjar Masih Misterius

Harimanado.com,JAKARTA — Nama calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan dan Prabowo Subianto perlahan mulai tampak. Sementara itu, cawapres untuk Ganjar Pranowo masih jadi misteri.
Menurut Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, cawapres pilihan Anies sudah diketahui Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ketua umum Partai Demokrat, PKS, dan NasDem, yang tergabung dalam Koalisi Perubahan juga disebut sudah tahu.

“(SBY) sudah mengetahui tentunya, sudah mengetahui. Ketiga ketua umum parpol sudah mengetahui,” kata Herzaky usai acara Political Road Show CNN Indonesia di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (30/8).

Bacaan Lainnya

Pernyataan Herzaky itu diperkuat Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Alhabsy. Dia mengatakan Anies sudah membawa nama cawapres pilihannya saat bertemu Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri pada Sabtu (26/8).

Aboe Bakar mengatakan Anies tak membawa satu nama. Namun, ia tak menyebutkan nama siapa saja yang disampaikan Anies.

“Siapa saja? Ya nanti, banyak. Itu lebih mendinginkan dan mematangkan. Iya dong untuk mencari titik temu mematangkan nama, pasti dong,” ucap Aboe di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (29/8).

Adapun sejumlah nama yang ada di bursa cawapres Anies di antaranya yaitu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Yenny Nur Wahid, politikus PKS Ahmad Heryawan, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pada saat yang sama, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyatakan sudah tahu cawapres pendamping Prabowo untuk Pilpres 2024. Ia pun mengatakan akan ada kejutan pada Kamis (31/8) ini saat Prabowo mengisi kuliah di Golkar Institute.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang belakangan santer disebut bakal mendampingi Prabowo mengatakan cawapres eks Danjen Kopassus itu sudah jelas. Menurutnya, tak ada lagi hal yang mengejutkan.

“Kayaknya sudah enggak ada kejutan sih. Sudah jelas semua,” kata Gibran di Balai Kota Solo, Rabu (30/8).

Namun, Gibran enggan menyebutkan sosok dan membeberkan ciri-ciri orang yang dipilih menjadi cawapres Prabowo. Selain itu, dia juga menampik bakal dipilih jadi cawapres Prabowo.

Gibran menegaskan dirinya merupakan kader PDIP. Akan tetapi, dia tak menampik kemungkinan PDIP ikut serta dalam koalisi partai politik pendukung Prabowo.

“Makanya lihat nanti dulu. Siapa tahu nanti bersama-sama atau apa,” katanya.

Selain nama Gibran, nama lain yang menguat jadi cawapres Prabowo yaitu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sementara itu, hingga saat ini nama cawapres pendamping Ganjar masih misteri. Ketua DPP PDIP Puan Maharani sempat menyebut ada 10 nama yang menguat, lalu telah mengerucut jadi lima nama.

Kelima sosok tersebut, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Erick Thohir, eks Panglima TNI Andika Perkasa, AHY, dan Muhaimin Iskandar. Namun, belum ada lagi kelanjutan dari PDIP.(cnn)

Pos terkait