Kesbangpol Manado Pakai Pakar Pemilu Bekali Wawasan Kebangsaan Paskibra

Harimanado.com, MANADO—Wawasan kebangsaan menjadi faktor penting bagi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) merah putih Kota Manado. Rabu (26/07/2023) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Manado memberikan materi soal wawasan kebangsan yang menghadirkan narasumber Dosen Fisip Unsrat, Ferry Liando.

Calon Paskibra yang mendapat bekal soal wawasan kebangsaan ini nantinya akan bertugas pada upacara memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus di tahun 2023 di Lapangan Sparta Tikala Manado. “Peserta paskibra sangat penting dibekali dengan wawasan kebangsaan selain kekuatan fisik dan keterampilan baris berbaris,” ujar Ferry.

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan, paskibra juga perlu dilatih bagaiamana menempatkan diri di masyarakat, dilatih kepemimpinan dan etika. “Terpilih puluhan dari sekian ribuan siswa di Kota Manado bukanlah perkara mudah, karena mencari yang terbaik diantara yang baik,” ucap Ferry dihadapan para peserta Paskibraka.

Lanjutnya, setelah terpilih nanti, para Paskibaraia akan menjadi publik figur di usia mudah. “Label ini memiliki banyak tantangan seperti tidak berprilaku seperti remaja-remaja kebanyakan. Bendera kebebasan anak muda harus diturunkan setengah tiang. Sebab prilaku harus dijaga baik prilaku dalam tindakan, sikap atau berkata-kata,” ujar Ferry.

Menjadi publik figur karena menyandang anggota paskibraka kata Fery harus bertindak pemberi teladan bagi anak-anak muda lain. “Anggota Paskibaraka dapat menjadi duta-duta remaja pemberi motivasi dan keteleadanan bagi komunitas lain seusianya,” kata Ferry membakar semangat para peserta

Pos terkait