Bolmut Kantongi 400 Guru Belum S1

BERSINERGI: Bupati Bolmut Drs Depri Pontoh dan Rektor Unima Prof Dr Julyeta PA Runtuwene MS, ketika melakukan penandatanganan MoU, Selasa (28/05/2019) di Kantor Pisan Unima.

MANADO — Sumber Daya Manusia (SDM) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) masih jauh dari harapan. Pasalnya, ini dikarenakan masih lemahnya tenaga pendidik atau guru yang belum sarjana.

Bupati Bolmut Drs Depri Pontoh mengatakan bahwa dirinya mengakui kalau SDM belum belum bisa sejajar dengan beberapa kabupaten/kota se Sulawesi Utara.

Bacaan Lainnya

“Saya tidak malu menyampaikan ini. Sebab, ini fakta dan berusaha bersama untuk mencari solusinya. Sebab, SDM Bolmut masih urutan ke 13 dari 15 kabupaten/kota se Sulut,” kata Depri.

Untuk itu, pihaknya menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, yang salah satunya menjadi skala prioritas adalah Universitas Negeri Manado.
“Intinya, Pemkab Bolmut akan menata anggaran dalam APBD untuk bisa mengsarjanakan para guru yang belum S1,” jelasnya.

Wabup Bolmut Amin Lasena mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama dalam rangka peningkatan kualitas SDM di Bolmut. “Terutama di bidang pendidikan,” ujarnya.

Dikatakannya, pendidikan S1 guru di Bolmut mendesak.

“Karena di Bolmut masi ada sekitar 400-an guru belum S1 terdiri dari Guru PAUD, SD dan SMP, target kita tahun 2023 seluruh guru di Bolmut sudah S1 semua,” tegas Lasena. (tr09/but)

 

Pos terkait