harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
bolsel
syarikatislam

ODSK Gercep Bawa Proposal Rehab Kerusakan Bencana Gunung Ruang ke Menteri PUPR

 

Harimanado.com,MANADO—Langkah cepat dilakukan Gubernur Sulawesi Utara, Prof DR (Hc) Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (OD-SK) untuk menangani bencana erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro. Senin (22/04/2024) Gubernur OD didampingi personil Fraksi PDI Perjuangan, DPRD Sulut, Rocky Wowor mengujungi kantor Kementerian PUPR di Jakarta dan bertemu langsung Sekjen PUPR RI, Zainal Fatah, guna mengajukan permohonan bantuan perbaikan dan pembangunan infrastruktur pasca erupsi.

Related Posts
jrbm

Gubernur OD mengatakan kalau bantuan tersebut sangat penting dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana Gunung Api Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro. “Telah dilaporkan situasi terkini dan dampak dari erupsi tersebut, khususnya terhadap infratruktur di lokasi bencana dan sekitarnya, ini agar perbaikan pasca bencana dapat segera dilakukan,” ungkap Gubernur OD saat bersama Rocky Wowor di Kantor Kementerian PUPR RI.

Diketahui, bencana letusan dan erupsi Gunung Api Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro terjadi pada tanggal 17 April 2024 dan mengakibatkan 12.476 terdampak serta 3.598 di antaranya mengungsi. Disamping itu, bencana ini juga menyebabkan berbagai kerusakan fasilitas, termasuk kurang lebih 3.908 rumah penduduk yang berada di Pulau Ruang dan Pulau Tagulandang.

Berdasarkan data yang ada, sebanyak 833 jiwa atau 301 kepala keluarga masyarakat yang mendiami dua desa di Pulau Ruang yakni Desa Laing Patehi dan Desa Pumpente telah dievakuasi untuk meninggalkan Pulau Ruang, karena kondisi dua desa tersebut telah hancur dan tidak layak huni, sehingga direncanakan akan direlokasi ke wilayah lain di Kabupaten Kepulauan Sitaro.(sal)

Leave A Reply

Your email address will not be published.