Duit Santunan KPPS Meninggal Siap Dikucurkan

MANADO- Janji Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi dana santunan bagi penyelenggara pemilu yang mengalami musibah akan dikucurkan.

KPU akan memberi santunan untuk mereka yang meninggal dunia, baik sakit ringan dan berat, di Manado.

Bacaan Lainnya

”Iya, tadi sudah dilakukan penandatanganan surat pertanggungjawaban penuh bagi penerima,” jelas Ketua KPU Manado Sunday Rompas, kemarin.

Menurutnya, ahli waris penerima santunan itu telah dilakukan verifikasi. Sebab ditakutkan jangan sampai salah sasaran, sehingga KPU Manado harus memastikan bahwa ahli waris yang akan menerima santunan itu benar dan tidak salah.

”Siapa yang berhak menerima dan kepada siapa akan diserahkan harus jelas,” tuturnya.

Besar santunan untuk yang meninggal kata Rompas adalah Rp36 juta, kemudian yang sakit disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu Komisioner KPU Sulut Lanny Ointu mengatakan, pemberian santunan untuk penyelenggara pemilu yang meninggal sudah diatur langsung oleh pemerintah.

Dan khusus untuk Sulut akan disalurkan secepatnya. ”KPU Sulut berusaha supaya santunan itu diberikan sebelum hari raya ini.

Sebab bisa jadi keluarga-keluarga yang ditinggalkan membutuhkan,” jelasnya.

Untuk itulah Ointu juga berharap, siapa penerima santunan itu diberikan sesuai ketentuan yang berlaku.

Seperti diketahui pemerintah pusat melalui menteri keuangan telah mengeluarkan surat keputusan S-36/MK.02/2019 tentang usulan santunan biaya masukan lainnya (SBML) santunan kecelakaan kerja penyelenggara ad hoc pemilu 2019. Meninggal Rp36 juta, cacat permanen Rp30.800.000, luka berat Rp16.500.000, luka sedang Rp8.250.000.(fis)

Pos terkait