harimanado.com
Selalu Ada Yang Beda
bolsel
syarikatislam

Taman Nasional Bunaken Bakal Dibuka, Kadis Pariwisata Manado Sambut Baik Rencana Gubernur

Harimanado.com, MANADO, – Rencana Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE membuka kembali Taman Nasional Bunaken (TNB) untuk aktivitas atau kegiatan wisata, disambut baik Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kota Manado Dra Neivy Lenda Pelealu MSi.

“Ini adalah kabar gembira khususnya bagi para pelaku usaha wisata terlebih khusus para guide yang selama ini kehilangan mata pencaharian,” ujar Lenda kepada wartawan, Senin (05/04/2021).

Menurut Pelealu, keputusan Gubernur Olly tersebut diambil untuk menyelamatkan sektor wisata yang telah redup dampak dari pandemi Covid-19 yang mendunia.

“Yang pasri kami (Dinas Pariwisata Manado, red) sebagai penopang sektor wisata tetap mengedepankan protokol kesehatan yang berbasis pada CHSE yakni Cleanliness (kebersihan), Health
(Kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian kingkungan),” katanya.

“Saat ini para turis menginginkan tempat yang benar-benar menjalankan protokol covid sehingga ia merasa nyaman,” tambah Pelealu.

Related Posts
jrbm

Dikatakannya, sesuai amatan pihak Kecamatan Bunaken serta laporan masyarakat destinasi wisata di Pulau Bunaken masih sepi dari kunjungan turis asing.

“Untuk tamu atau turis yang berkunjung ke pulau Bunaken saat ini paling banyak adalah turis lokal sementara untuk turis asing masih kurang. Namun sosialisasi penerapan protokol Covid -19 selalu terus dilakukan agar protokol kesehatan tetap diberlakukan,” tandas Pelealu.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sulut Henry Kaitjily, mengatakan saat ini Gubernur Olly sudah melakukan lobi dan komunikasi dengan pihak TNB.

“Dalam waktu dekat sudah akan dibuka. Yang pasti, menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya.

Kaitjily meyakini keputusan tersebut akan membuat pariwisata di Sulut khususnya di Kepulauan Bunaken yang menjadi ikon Kota Manado akan kembali bergeliat.

“Saya dan tim, sudah mengingatkan kepada perhotelan dan jasa lain yang terlibat dalam sektor pariwisata untuk mempersiapkan diri. Semua protap harus dipatuhi, sehingga jika pariwisata sudah mulai normal, sektor yang mendukung sudah sangat siap,” tandasnya. (JPc)

Leave A Reply

Your email address will not be published.